PedomanBengkulu.com, Seluma – Debat kandidat pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Seluma untuk Pilkada 2020 akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum. Seperti biasa, debat digelar sebagai pemaparan visi misi pasangan calon, sebelum dilakukan pemungutan suara pada 9 Desember mendatang. Debat pada Pilkada kali ini akan berbeda pelaksanaannya, dengan debat pada Pilkada sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi (29/10/2020) mengatakan, debat tidak boleh dihadiri banyak orang, termasuk pendukung paslon dengan jumlah massa yang banyak. Ini untuk menghindari penularan Covid-19 saat debat berlangsung. Jumlah orang yang hadir pada kegiatan debat nantinya hanya berjumlah 25 orang saja.

“Maksimal 25 orang, yang hadir itu enam pasangan calon, perwakilan dari tim pemenangan, Bawaslu, dan komisioner dari KPU,” jelas Sarjan.

Sementara itu untuk waktu pelaksanaannya adalah pada 12 dan 22 November 2020, dan dilaksanakan pada malam hari agar seluruh masyarakat dapat menyaksikan pemaparan visi kandidat.

“Untuk tempatnya masih dikoordinasikan, yang pasti kegiatan debat dilangsungkan pada malam hari agar masyarakat yang mayotitas petani dan pekebun dapat menyaksikan, karena pada pada siang hari banyak yang bekerja,” jelasnya.

KPU telah menyiapkan materi debat, dan akan dipandu oleh akademisi dari Universitas Negeri dan Swasta yang ada di Bengkulu. Pelaksanaan debat juga akan diamankan personil Kepolisian. [IT2006]