Ilustrasi : www.childrens.com

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pembelajaran tatap muka pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Seluma saat ini belum dilakukan. Ini karena Seluma masih berada di zona merah penularan Covid-19, dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif yang terus bertambah. Sekolah masih melaksanakan belajar jarak jauh kepada siswanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali menegaskan belum akan membuka kembali kegiatan belajar tatap muka, meski saat inin diakuinya sudah ada desakan dari beberapa perwakilan sekolah swasta. Emzaili mengatakan, Pemkab Seluma dan Dinas Pendidikan bertanggung jawab atas keselamatan siswa.

“Izin tetap tidak diberikan karena masih zona merah, tetapi kalau sudsh zona hijau nanti baru dibahas kembali. Kalau saat ini belum berani, karena seluma tambah banyak (pasien positif). Karena Bupati dan Kepala Dinas bertanggung jawab jika ada murid yang terpapar,” jelasnya (18/10/2020).

Emzaili mengatakan, solusi terbaik saat ini adalah pelaksanaan belajar jarak jauh, dengan pemberian tugas. Dimana setiap guru wajib datang ke siswa untuk memberikan materi dan tugas ke rumah masing masing.

“Terus terang saja kalau mau belajar metode daring tidak bisa dilakukan, karena banyak keterbatasan di Seluma ini. Belum tentu seluruh siswa memiliki handphone, dan di daerahnya terdapat koneksi internet,” tutup mantan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma tersebut. [IT2006/ADV]