PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Dari hasil pleno di 11 kecamatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) masih dalam tahap pemuktahiran data pemilih pada pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Desember 2020 nanti, sebanyak 363 orang tercatat sebagai data penambahan dari data sebelumnya, Jum’at (9/10/2020)

Dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu, komisioner KPU Kabupaten Benteng Divisi Teknis dan Data, Nora Agustin menjelaskan, ada penambahan sekitar 363 orang dari data sebelumnya yang telah dilakukan pleno beberapa waktu lalu. KPU telah melakukan penetapan DPS dengan jumlah 83.140 orang.

“Pleno DPS hasil perbaikan ditingkat PPS dan PPK sudah dilakukan dan pemilih bertambah 363 orang. Sehingga, DPSHP saat ini berjumlah 83.502 orang,” jelas Nora.

Selanjutnya, KPU melalui PPK dan PPS melakukan uji publik untuk menyisiri jika ada pemilih yang tercecer. Dari hasil pendataan, terdapat 1.258 orang terdaftar sebagai pemilih baru. Baik itu disebabkan pindah TPS, pindah desa ataupun akibat mutasi penduduk. Hanya saja, PPS juga mencatat ada 896 pemilih ditetapkan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Jika nanti, pemilih belum juga terdaftar sebagai pemilih, basis memilih mereka dengan mengunakan E-KTP,” tambahnya.

Dijelaskan Nora, hasil pleno PPS akan dibahas ditingkat kecamatan, sebelum akhirnya dibahas tingkat kabupaten pada tanggal 13 Oktober 2020 mendatang sekaligus penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

“Untuk Pleno tingkat kabupaten, akan kita lakukan di tanggal 13 Oktober nanti,” tutupnya.[Hendri Suwi]