PedomanBengkulu.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma resmi menetapkan warga kabupaten Seluma ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2020 mendatang. Penetapan ini dilakukan dalam kegiatan pleno di gedung PGRI Kabupaten Seluma (13/10/2020), yang dihadiri perwakilan pasangan calon Bupati- Wakil Bupati, Bawaslu, Polres Seluma, Kodim Seluma, Pemkab Seluma, dan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan rekapitulasid Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang dilaporkan masing masing PPK, maka diputuskan sebanyak 137.919 orang masuk ke dalam DPT. Jumlah tersebut terdiri dari pria sebanyak 70.871, dan 67.048 wanita. Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi menyatakan proses pendataan pemilih telah dilakukan selama tiga bulan mulai dari tingkat PPDP, PPS, dan PPK.

“Sudah kami beri waktu kepada seluruh peserta yang hadir termasuk masyarakat untuk memberikan tanggapan, bahkan kami beri waktu lagi dengan melakukan skors saat pleno berlangsung, dan inilah hasilnya DPT sudah ditetapkan,” jelasnya.

Sementara itu Sarjan menyatakan masih ada kemungkinan warga yang belum terdata dan masuk ke dalam DPT. Kendati demikian tetap ada peraturan yang dapat memperbolehkan masyarakat diluar DPT untuk memilih.

“Tetap bisa memilih, dengan syarat surat suara masih tersisa di tempat ia memilih tersebut,” jelasnya.

KPU mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang, dan tidak memilih golongan putih (Golput). (IT2006)