PedomanBengkulu.com, Lebong – Dalam kunjungan kerja sekaligus pengawasan dan evaluasi (Wasev) kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 tahun 2020, yang dilaksanakan Kodim 0409 Rejang Lebong di Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Wadan Puspterad Mayor Jenderal TNI M.Bambang Ismawan, memberikan apresiasi kepada tim Satgas TMMD Kodim 0409 RL, yang sudah bekerja keras melaksanakan program TMMD, membuka Keterisoliran Desa Sungai Lisai dengan membangun jalan yang membelah Hutan TNKS. Yang berjarak 10,4 KM dari desa terdekat yakni Desa Sebelat Ulu.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Kapolres, Kajari Lebong dan Satgas TMMD Dandim 0409 RL yang melaksanakan TMMD di Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai,” ucap Ketua Tim Wasev TMMD ke 109, Wadan Pusterad Mayjend M. Bambang Ismawan di Posko TMMD Desa Sebelat Ulu, Rabu (7/10/2020) sore.

Dikatakan Mayjen Bambang, berdasarkan hasil penglihatan dan pengawasan pihaknya dilapangan, pekerjaan TMMD ke 109 Kodim 0409 RL memang tidak mudah.

“Apalagi karena saat ini kondisi cuaca hujan dan susah diprediksi. Untuk itu saya tadi koordinasi dengan Danrem dan Dandim harus ada upaya-upaya yang ekstra. Waktunya dibatasi harus sudah selesai 21 Oktober 2020,” ucapnya.

Ditambahkannya, dengan melihat langsung program TMMD Kodim 0409 RL dilapangan, pihaknya juga melihat sejumlah kendala yang dihadapi tim Satgas. Untuk mengantisipasi kendalanya, tentunya harus ada terobosan yakni dengan penambahan tenaga dan alat pengaduk semen. Berdasarkan hasil pengawasan, lanjut Mayjen Bambang, untuk lokasi TMMD di Kabupaten Lebong termasuk lokasi yang sangat sulit. Namun dirinya merasa ada kepuasan tersendiri setelah melihat kerja TMMD Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai.

“Ada kepuasan bagi kita melihat target TMMD ini, untuk membuka Keterisoliran satu-satunya desa dan yang ada di Kabupaten Lebong yakni Desa Sungai Lisai. Kepada seluruh prajurit dan masyarakat dan tentunya Pemkab Lebong, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan bantuannya sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan dalam kunjungan tim Wasev TMMD pusat tersebut, tampak didampingi Irdam II/SWJ Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo, Danrem 041/Gamas. Brigjend TNI Yanuar Adil, Kasiter korem 041/Gamas Kol.Inf M. Herry Subagyo,Dandim 0409/RL.Letkol Inf Sigit Purwoko, Pabandia Bakti TNI Sterdam II/SWJ Mayor Inf Jemmy Sitorustua sitorus,Paban Bakti pusterad TNI Mayor inf Restu. Selain itu dari unsur FKPD Lebong, hadir langsung Pjs Bupati Lebong Herwan Antoni, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur, Kajari Lebong Fadil Regan dan sejumlah kepala OPD, Camat Pinang Belapis serta Kades Sebelat Ulu dan Kades Sungai Lisai.[Supriyadi]