PedomanBengkulu.com, Seluma – Persiapan sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, untuk melakukan gugatan atas tapal batas antara Seluma dengan Bengkulu Selatan, ke Mahkamah Agung dalam gugatan judicial review. Tak hanya menyiapkan gugatan melalui Bagian Hukum, Pemkab Seluma juga akan meminta bantuan dari ahli hukum sebagai saksi ahli dalam persidangan nantinya.

“Gugatan sedang disusun, dan benar nanti kami akan hadirkan ahli hukum dalam sidang gugatan nantinya, agar bisa memenangkan gugatan nantinya,” jelas Penjabat Sekda Kabupaten Seluma, Supratman (11/11/2020).

Pemerintah Kabupaten Seluma juga menyiapkan anggaran tersendiri, untuk membiaya proses gugatan, dan juga untuk membiayai kehadiran ahli di persidangan.

“Nanti akan juga disiapkan anggaran di tahun depan, untuk membiayai gugatan judicial review yang akan dilayangkan ke Mahkamah Agung,” jelas Supratman.

Adapun judicial review terhadap Permendagri nomor 9 tahun 2020 mengenai tapal batas antara Kabupaten Seluma dengan Bengkulu Selatan, merupakan salah satu solusi terakhir yang disampaikan Pemprov Bengkulu jika Seluma ingin mengembalikan wilayahnya di tujuh desa. Langkah lainnya adalah melalui mediasi, namun diragukan bisa ditempuh karena Bengkulu Selatan juga akan tetap mempertahankan wilayahnya yang sudah didapat berdasarkan Permendagri. [IT2006]