PedomanBengkulu.com, Seluma – Rekaman suara yang diduga merupakan anak salah satu Calon Bupati Seluma, yang diduga mengumpulkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Desa (Panwasdes) Wilayah Kecamatan Sukaraja. Rekaman suara tersebut menyebutkan mengenai Panwascam dan Panwasdes, yang sengaja dikumpulkan dan membahas mengenai penunjukkan anggota panwas sesuai permintaan organisasi Pemuda Muhammadiyah. Oknum di suara tersebut juga mengaku dapat mempengaruhi anggota Bawaslu Seluma, Suryadi yang juga ia sebut sebagai Sekretaris Pemuda Muhammadiyah.

“Asalamualaikum terimakasih (menyebut nama) yang sudah menfasilitasi ruangannya. Dan ini steril ya jangan ada yang merekam ya, ini steril, kok kenapa saya bisa mengumpulkan kalian. Saya ketua muhammadiyah, Suryadi itu sekretaris saya Bawaslu itu. Kalian itu duduk disini ada rekom kalian masing-masing. Bukan karna abang duduk disini saya kasih duit tidak. Memang ada kekuatan di NU dan Muhamadyah untuk menjadikan kawan-kawan seperti ini, saya sudah jadikan bagian diatas kenapa saya jadikan bagian bawah. Itulah kekuatan pemuda muhammadiyah dan Ansor. Rata-rata ansor banyak di PPK dan pemuda muhamaddiyah banyak di Panwascam dan Pengawas desa di Bawaslu,” dalam rekaman suara tersebut.

Sementara itu Anggota Bawaslu Seluma, Suryadi membantah keras klaim yang disampaikan dalam video tersebut. Ia juga menegaskan juga bukan merupakan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah, seperti yang disampaikan dalam rekaman suara tersebut.

“Saya klarifikasi ya, dan saya tegaskan saya bukan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah, jadi apa yang disampaikan dalam rekaman tersebut sama sekali tidak benar,” jelasnya (2/11/2020).

Suryadi mengatakan pihaknya saat ini sedang memproses adanya klaim dalam suara tersebut, dengan melakukan pemanggilan terhadap Panwascam dan Panwasdes.

“Saat ini sedang kami proses dan kami lakukan pemanggilan terhadap Panwascam dan Panwasdes,” jelasnya. [IT2006]