PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Dalam kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh pemerintah daerah kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam rangka peran serta penyelenggaraan pemerinta desa (Pemdes) di Benteng tahun 2020. BPD diminta aktif mengawasi kegiatan-kegiatan desa demi mewujudkan kemajuan desa.

Di jelaskan Jaka Santoso selaku Kebak Pemerintahan pemkab Benteng saat ditemui PedomanBengkulu.com Senin (9/11/2020) di aula pertemuan hotel Tahura kecamatan Pondok Kubang. Kegiatan Bimtek BPD sendiri dibuka langsung oleh Bupati Benteng Ferry Ramli untuk mewujudkan BPD yang aktif dan ikut berperan serta dalam pembangunan desa di kabupaten Benteng.

“Dengan Bimtek ini, BPD dapat tahu tupoksi dan aktif dalam melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan desa berdasarkan peraturan-peraturan yang ada,” jelasnya.

Jaka juga menambahkan, BPD sebagai wakil masyarakat desa memiliki peran penting dalam masyarakat. Dan BPD juga diminta dapat bersinergi dengan kepala desa (Kades) dan pemerintah desa (Pemdes) untuk pembangunan-pembangunan desa.

Kedepan ditahun 2021, Jaka juga menegaskan akan ada penambahan pendapatan BPD atau kenaikan tunjangan yang saat ini masih dalam pembahasan oleh Pemkab Benteng untuk besaran nominal yang nantinya diterapkan.

“Untuk tunjangan BPD sendiri, diperkirakan tahun depan akan naik. Dan sekarang masih dalam proses pembahasan jumlah kenaikan,” ujarnya. [Hendri Suwi]