PedomanBengkulu.com, Kepahiang – Seorang pemuda inisial R (29) ditangkap anggota unit Pidana Umum (Pidum) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kepahiang lantaran diduga melakukan tindak pidana pemerasan terhadap Mahril Anhari seorang Kepala Desa (Kades) Desa Tebing Penyamun.

Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu, AKBP Suparman S.IK MAP, Senin (2/11/2020) mengatakan, terduga pelaku pemerasan terhadap Kades ditangkap di rumah makan Widia Jalan Mandi Angin Kelurahan Pasar Kepahiang, Kamis (29/10/2020).

Penangkapan berawal sekitar pukul 23.40 WIB polisi mendapat informasi bahwa akan adanya serah terima uang antara korban dengan terduga pelaku. Mendapat informasi tersebut Kanit Pidum bersama anggota Opsnal dan Piket Reskrim langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan penangkapan.

“Selain berhasil mengamankan terduga pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp 2 juta yang ditemukan di kantong baju terduga pelaku,” kata Kapolres.

Kapolres menerangkan, modus yang digunakan terduga pelaku R berawal adanya foto Kades di Media Sosial bersama seorang perempuan berinisial T yang hanya menggunakan bra di salah satu kamar hotel. Lalu terduga pelaku menghubungi Kades dan diduga meminta uang untuk menyelesaikan hal tersebut agar foto tidak kembali disebarluaskan.

“Modus yang dilakukan adanya foto kades dengan seorang perempuan di salah satu hotel dengan duduk mesra. Foto tersebut akhirnya digunakan terduga pelaku untuk memeras dan mengancam korban dan memeras korban,” beber Kapolres.

Kapolres menambahkan, terduga pelaku dijerat pasal 368 KUHPidana tentang pemerasan dan pengancaman hukuman 9 tahun penjara. [Anto]