Ilustrasi Sarung tangan, sumber freepik.com

PedomanBengkulu.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma menyiapkan sarung tangan, untuk digunakan masyarakat yang akan menggunakna hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. Sarung tangan tersebut digunakan sebagai pelindung masyarakat, dari paparan Covid-19 saat pencoblosan berlangsung. Adapun jumlah sarung tangan yang digunakan nanti adalah sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Seluma 137.919 orang.

“Sarung tangan sebagai alat pelindung diri untuk masyarakat yang datang ke TPS, dan menggunakan hak pilihnya nanti,” jelas Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi (4/11/2020).

Sarung tangan dapat berfungsi sebagai pencegah penularan Covid-19, dari benda benda di TPS yang bisa berpotensi tertempel droplet atau cairan sisa pernafasan. Dengan begitu penularan Covid-19 bisa dimininalisir dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Selain itu KPU juga sudah menyiapkan perlengkapan lainnya sebagai alat pelindung diri (APK).

“Kami juga siapkan tempat cuci tangan, jadi masyarakat tetap harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan sarung tangan,” jelasnya.

KPU menegaskan pelaksanaan Pilkada tetap akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, karena berlangsung di tengah Pandemi. Saat persiapan terus dilakukan KPU, mulai dari persiapan logistik hingga petugas di tingkat KPPS. [IT2006]