Ilustrasi PNS, freepik.com

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pemerintah Kabupaten Seluma masih mengalami kekurangan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengisi berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekolah yang ada di jajarannya. Meski tahun lalu Pemkab Seluma telah membuka rekrutmen, namun jumlah PNS masih kurang karena banyaknya PNS yang pensiun.

Berdasarkan data yang dilansir dari situs resmi milik Pemkab Seluma simpeg.selumakab.go.id (15/11/2020) Pemkab Seluma memiliki 3.648 PNS di jajarannya yang terdiri dari 552 pria dan 610 wanita. Pada tahun ini saja sebanyak 66 orang PNS diantaranya memasuki masa pensiun, yang 56 orang diantaranya berdinas di TK, SD, dan SMP. Jumlah PNS yang pensiun tahun depan lebih banyak lagi, yakni sebanyak 68 orang, dan 111 orang pada 2022.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seluma, Ikhwan Effendi sebelumnya menyatakan, jumlah PNS di Seluma tidak ideal untuk menjalankan tugas administrasi dan pelayanan di Seluma.

“Idealnya itu PNS jumlahnya 6000 sampai 8000 orang, karena setiap tahun pensiun. Terbanyak pensiun itu di sekolah, bahkan ada di sekolah itu PNS hanya tinggal dua orang sisanya tenaga honorer,” jelasnya.

Rekrutmen CPNS akan kembali dilakukan pada tahun depan, untuk menutupi jumlah PNS yang kurang. Formasi akan diusulkan ke Kementerian PAN dan RB oleh BKPSDM Kabupaten Seluma.

“Tentu akan diusulkan, khususnya untuk tenaga guru, tenaga administrasi ditingkat kelurahan hingga kecamatan,” jelasnya.

Pada 2019 lalu Pemkab Seluma membuka lowongan CPNS sebanyak 190 orang. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari pada Pemerintah Daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu. [IT2006]