PedomanBengkulu.com,Bengkulu Utara – Pencuri sepeda motor milik direktur RSUD Argamakmur dr. Jasmen Silitonga berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara. Sepeda motor miliknya dicuri pada (27/9/2020) lalu saat sedang terparkir di halaman rumahnya di Desa Gunung Selan Kecamatan Arga Makmur.

Tersangka N-A (27) dan rekannya YI yang masuk daftar pencarian orang (DPO) melakukan aksinya dengan mengendarai sepeda motor. Mereka berangkat dari Desa Tanjung Heran Kecamatan SBU Kabupaten Rejang Lebong.

Saat melintas mereka melihat motor terpakir di halaman rumah dan langsung memutar arah. N-A masuk ke dalam rumah dengan melompat gerbang rumah karena gerbangnya dikunci.

Mencari akal untuk dapat membuka gerbang tersebut, mereka kembali keluar dari rumah tersebut pergi mencari alat untuk membuka gerbang ke bengkel las. Sesampainya di bengkel las, mereka menemukan besi bekas as mobil.

Pelaku dan rekannya kembali ke rumah korban untuk mencongkel gembok gerbang. Setelah terbuka, pelaku membuka kunci setang dengan cara menghentekkan setang tersebut dan memutus kabel untuk menghidupkan motor hasil curian.

Kasat Reskrim AKP Jery Nainggolan, S.IK, menjelaskan, pelaku berhasil diamankan pada (28/10/2020) di kediamannya bersama barang bukti. Sebelum penangkapan, pihaknya sebelumnya mendapatkan informasi tentang motor hasil curian yang berada di rumah pelaku.

“Atas kejadian tersebut, pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat (2) Jo 55, 56 sub 480 Jo 363 ayat (2) KUH Pidana, perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” jelas Kasat Reskrim, Senin (2/11/2020). [Sugeng]