Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara- Proses pemakaman pasien positif Covid-19 di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara berjalan dengan lancar, Senin (2/11/2020).

RI (68) meninggal pada (1/11/2020) malam di RSUD M. Yunus Bengkulu dan dinyatakan positif Covid 19. Diketahui korban meninggal positif Covid 19 ini mengidap penyakit kanker payudara dan kanker rahim. Korban pernah di rawat di RSUD M. Yunus Bengkulu dan telah di lakukan operasi. Korban pernah tinggal di kediaman anaknya di Bengkulu sebelum korban meninggal dunia.

Dijelaskan Kapolsek Air Besi Iptu Aljum Fitri, pemakaman korban meninggal positif Covid-19 dilakukan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penularan virus Covid-19.

“Pihak Kapolsek, Camat dan kepala puskesmas telah meyarankan kepada keluarga Almarhumah untuk dilakukan pemakaman secara protokol kesehatan, dan melarang untuk peti jenazah tidak dibuka untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 kepada keluarga dan masyarakat di Desa Selubuk,” jelas Kapolsek.

Sebelum dimakamkan, korban meninggal positif Covid-19 oleh pihak keluarga dilakukan pemandian jenazah dan disholatkan di Masjid Babussalam di Desa Selubuk. Setelah semua rangkaian selesai, korban dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Desa Selubuk.

“Akan tetapi dari pihak keluarga melaksanakan proses pemakaman, dengan cara membuka peti jenazah lalu dimandikan dan disholatkan bersama-sama,” pungkasnya. [Sugeng]