PedomanBengkulu.com, Seluma – Perubahan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) direncanakan dilakukan pada 2021 mendatang. Perubahan struktur yang dilakukan berupa pendirian OPD baru, penambahan nama pada OPD, hingga peningkatan kelas ataupun penurunan kelas.

OPD yang akan resmi berdiri pada 2021 mendatang adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), yang merupakan pecahan dari Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma. Pemkab Seluma juga telah menyiapkan anggaran untuk OPD baru tersebut.

“Bapenda sudah disiapkan anggarannya dan disahkan kemarin, pada APBD 2021,” jelas Kabag Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Setda Kabupaten Seluma, Elma Juwita saat dikonfirmasi (15/12/2020).

Kemudian direncanakan ada penambahan nama pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), namun bukan dilakukan penggabungan dinas lain.

“Dinas Perkim menjadi Dinas Perkim dan Perhubungan,” jelasnya.

Sementara itu Dinas Pertanian juga direncanakan naik tipe dari sebelumnya, menjadi tipe A, begitu juga Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Selanjutnya BKPSDM turun kelas menjadi tipe B. Adapun tahapan administrasi telah selesai dilakukan oleh Bagian Orpeg Pemkab Seluma.

“Sudah kami urus semua prosesnya ke Kemendagri, dan waktu itu kami tempuh menggunakan perjalanan darat selama tiga hari, jadi tugas kami sudah selesai,” jelasnya. [IT2006]