PedomanBengkulu.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, resmi menyerahkan berkas berupa Surat Keputusan dan berita acara, tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati Seluma terpilih berdasarkan hasil Pilkada 2020 lalu. Berkas penetapan Erwin – Gustianto tersebut diserahkan KPU ke DPRD Kabupaten Seluma, untuk dilakukan proses paripurna.

“KPU telah menyerahkan berita acara dan Surat Keputusan tentang penetapan pasangan Bupati-Wabup terpilih hasil Pilkada 2020, ke DPRD Kabupaten Seluma,” jelas Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi (24/1/2021).

Dengan begitu proses selanjutnya berada di DPRD Kabupaten Seluma, untuk dilakukan proses pengajuan pelantikan. Seluruh tahapan Pilkada 2020 mulai dari awal hingga penetapan Bupati-Wabup terpilih saat ini dinyatakan telah selesai. Sedangkan pelantikan bukan merupakan ranah dari KPU.

“Seluruh proses yang menjadi tugas KPU telah kami lakukan, sekarang mengenai pengajuan pelantikan menjadi kewenangan DPRD, Pemprov, dan Kementerian Dalam Negeri memprosesnya,” jelasnya.

Adapun pasangan Erwin Octavian – Gustianto telah ditetapkan pada sabtu (23/1/2021) kemarin, di gedung balai adat Kabupaten Seluma. Keduanya dinyatakan berhak sebagai Bupati-Wabup terpilih, mengalahkan dua pasangan lainnya. Penetapan tersebut dihadiri langsung oleh paslon, namun tidak dihadiri dua kontestan Pilkada yang kalah perolehan suara. [ADV/IT2006]