PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Kampus ke kampus Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi terus mensosialisasikan, mengajak setiap Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta dalam bersama-sama menumbuhkan kepedulian terhadap permasalahan Lingkungan Hidup di Kota Bengkulu.

Kali ini, Dedy Wahyudi mendatangi Poltekkes Kemenkes Bengkulu untuk berkomitmen bersama mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu, dikatakannya Pemkot mengajak pihak Poltekes Kemenkes untuk bersinergi dan berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah.

“Hari ini kita kembali mendatangi kampus untuk berkomitmen serta bersinergi serta berperan aktif dalam penanggulangan permasalahan sampah di Kota Bengkulu,” ungkap Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, saat rapat bersama Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu Eliana, SKM,. M.Kes, di ruang rapat Poltekkes, Gedung Ibnu Sina, Kamis (28/01/2021).

Pada kesempatan ini Dedy kembali mempresentasikan perihal kondisi sampah saat ini di Kota Bengkulu, hal tersebut perlu ada penanganan yang serius dengan melibatkan seluruh stakeholder, perusahaan dan seluruh perguruan tinggi.

“Jumlah sampah di Kota Bengkulu 774 m3 per hari, dan 23,220 m3 perbulan. Saat ini kita punya 38 lokasi kontainer. Setiap tahun, Rp 5,3 miliar APBD yang digelontorkan untuk mengurusi sampah saja termasuk gaji petugas kebersihan. Artinya begitu besar cos yang dikeluarkan,” terang Dedy.

Ditempat yang sama, Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu Eliana, SKM,. M.Kes merespon baik dan menyatakan pihaknya (Kampus) siap untuk bekerjasama dengan pemkot terkait masalah sampah.

“Kita siap menjalin kerjasama mengatasi persoalan sampah di Kota Bengkulu, karena masalah sampah ini adalah masalah kita bersama dengan demikian harus mengatasinya dengan cara bersama-sama,” katanya Eliana.

Diketahui turut hadir, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengawasan (Bapelitbang) Firman Romzi, Kepala Dinas Kesehatan Susilawaty, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan Permukiman (Perkim) I Made Ardana, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rusman serta Tim Percepatan Pembangunan Kota Bengkulu (TP2KB). [Soprian]