PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam mengatasi Kota Bengkulu darurat sampah terus dilakukan, Rabu (20/01/2021) Wakil Walikota Bengkulu menggelar pertemuan bersama Rektor Universitas Dehasen (Unived) Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M.

Pertemuan ini adalah wujud komitmen dari Pemkot Bengkulu sebelumnya, dengan akan menggandeng seluruh mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Bengkulu.

Dedy Wahyudi, seusai melaksanakan pertemuan dengan Rektor Unived, mengatakan bahwa pertemuan ini membahas sinergitas antara Pemkot Bengkulu dan Unived Bengkulu dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu.

“Kami ingin mengajak pihak Unived untuk sama-sama kita berkolaborasi untuk mengolah sampah. Nanti akan ada perjanjian kerjasama antara Pemkot dengan Unived yang akan langsung ditandatangani Walikota,” ungkap Dedy saat melangsungkan pertemuan bersama Rektor Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M, di Ruang Yayasan, Unived.

Lanjut, Dedy, setelah ini nanti akan ada pertemuan selanjutnya. “Pada intinya kita ingin mengajak mahasiswa ikut serta membantu pemerintah untuk mengelola sampah, di Kota Bengkulu,” jelas Dedy.

Masih Dedy, dalam mengatasi masalah sampah, peran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi sederhana terhadap masyarakat dengan membuang sampah sembarangan akan mengakibatkan timbul masalah baru.

“Karena masih kurang kesadaran masyarakat. Mahasiswa bisa memberikan penyadaran kepada masyarakat, mengubah kebiasaan masyarakat. Memang butuh waktu yang cukup panjang untuk mengubah perilaku masyarakat tersebut,” kata Dedy.

Ditempat yang sama Rektor Universitas Dehasen (Unived) Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M sangat menyambut baik inisiasi dari pihak Pemkot Bengkulu, dalam mengatasi masalah sampah dengan cara mengedukasi masyarakat.

“Unived ini kan bukan hanya punya tanggungjawab akademik saja tapi juga tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Intinya kami menyambut baik apa yang diinisiasikan oleh Pemkot perihal sampah. Ini tugas kita bersama semoga kerjasama itu nanti akan berjalan dengan baik,” demikian Kamaludin. [Soprian]