Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial.

PedomanBengkulu.com, Seluma – Penularan Covid-19 di Kabupaten Seluma hampir menyentuh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat umum, aparat kepolisian, tenaga kesehatan, hingga pejabat. Salah satu pejabat yang sempat terkena virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan Tiongkok tersebut, adalah Arian Sosial yang merupakan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma.

Arian Sosial yang menjabat sejak Desember 2019 lalu tersebut, tidak pernah menyangka akan terkena Covid-19. Ia pertama kali terkonfirmasi Covid-19 pada akhir September 2020 lalu. Saat pertama kali menjalani uji swab dan belum menerima hasil, Arian mengaku sudah menerapkan protokol kesehatan dengan mengisolasi diri.

“Begitu saya menjalani uji swab, saya langsung mengisolasi diri selama lima hari di rumah dinas. Setelah terkonfirmasi, saya langsung meminta agar diisolasi di Bapelkes Provinsi Bengkulu agar tidak ada yang terpapar dari saya,” jelasnya.

Dijelaskan Arian, selama menjalani isolasi mandiri ia menerapkan pola hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat, dan menjaga kondisi psikisnya. Ia mengatakan kondisi psikis sangat berpengaruh terhadap menjaga imun tubuh.

“Bangun psikisnya dengan positif, karena bahwasannya tidak ada penyakit yang tidak sembuh. Terus terang saat itu psikis saya sangat down, tetapi terus saya bangun pikiran positif, disamping saya beri terus asupan gizi agar tubuh semakin kuat,” jelasnya.

Setelah menjalani isolasi selama empat belas hari, Arian akhirnya dinyatakan sembuh dan dapat kembali beraktifitas seperti semula. Ia berpesan kepada seluruh masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk tidak panik, dan selalu berfikir positif.

“Dari pengalaman saya kemarin, saya pesan untuk orang orang yang terpapar, yang paling penting adalah jaga psikis, jaga pola makan, jaga kebersihan. Dan yang paling penting lagi adalah patuhi protokol kesehatan selalu cuci tangan menggunakan air mengalir, ataupun menggunakan hand sanitizer,” jelasnya.

Hingga memasuki 2021, Kabupaten Seluma masih terus bekerja keras untuk melakukan penanganan Covid-19. Petugas kesehatan terus melakukan pendataan terhadap warga yang terpapar, dan melakukan serangkain test. Upaya pencegahan berupa sosialisasi 3M juga terus dilakukan. (IT2006)