PedomanBengkulu.com, KAUR – Dalam meningkatkan kompetensi dan giat literasi guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kaur melaksanakan Workshop Guru Menulis Buku, untuk Penulis Pemula secara daring pada Sabtu (20/03/2021). Kegiatan Workshop Menulis ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan bukan hanya dari Kabupaten Kaur.

Dalam Sambutannya Dede Solihudin, S.Pd selaku ketua IGI Kaur menyampaikan motivasi menulis, terutama untuk guru agar dapat menumbuhkan kecintaan dalam menulis dan berkarya,

“Sebagai guru kita memang harus menulis, minimal kita dapat menceritakan sejarah diri kita kepada orang lain.” Ungkap pria yang juga DRB Provinsi Bengkulu Tahun 2018.

Kegiatan workshop ini, karena diselenggarakan dalam masa pandemi maka dilakukan secara sinkronus dan asinkronus, jadi pertemuan sinkronus diselenggarakan tatap muka virtual melalui meeting room dan asinkronus pendampingan melalui Gruf media sosial berupa penugasan. Kegiatan dibimbing oleh kak Dwi Erni Triyanti, S.Pd yang merupakan salah satu guru penulis di Provinsi Bengkulu.

Dalam workshop secara daring ini disampaikan tips menulis untuk penulis pemula, menulis dengan lima indera dan pemetaan tulisan. Kegiatan ini cukup mendapatkan antusias yang baik dari para peserta. Nantinya peserta dapat menceritakan pengalaman hidup dan menuliskan ceritanya hingga menjadi sebuah buku.

Pada kesempatan yang sama, penyelenggara kegiatan Alian Suhendra, Gr.M.Pd selaku sekretaris IGI Kaur menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dan peserta dapat berkomitmen menyelesaikan kegiatan sampai akhir.

“Kita mengharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, bagi peserta yang mengikuti pertemuan secara virtual akan diberikan sertifikat kegiatan” Ujarnya.

Dalam kesempatan ini diharapkan juga akan ada komunitas penggiat literasi di Kabupaten Kaur khususnya, untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat.

“Semoga ikhtiar kita dalam menyelenggarakan kegiatan ini mendapatkan keberkahan, dan dukungan terbentuknya komunitas menulis di Kabupaten Kaur” pungkasnya. [***]