PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemekaran wilayah kecamatan kembali diusulkan di Kabupaten Seluma. Setelah beberapa tahun lalu kecamatan Semidang Alas resmi berdiri, kali ini masyarakat di Semidang Alas Maras (SAM) mulai mengusulkan pemekaran kecamatan Maras.

Rencana pemekaran kecamatan baru ini disampaikan oleh Didi Kurniawan, Kepala Desa Talang Alai kecamatan Semidang Alas Maras (20/3/2021) yang tergabung dalam presidium pemerkaran kecamatan Maras. Ia mengatakan ada sebelas desa di SAM yang telah setuju untuk mendirikan kecamatan baru.

“Ada sepuluh desa, yakni Padang Bakung, Muara Maras, Serian Bandung, Talang Alai, Rimbo Besak, Talang Kemang, Jambat Akar, Maras Tengah, Gunung Kembang, Maras Bantan dan Gunung Bantan,” jelas Didi.

Didi mengatakan saat ini presidium sedang dalam tahap pendataan terhadap jumlah penduduk yang ada di wilayah calon kecamatan Maras. Pendataan dilakukan dengan meminta data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Seluma.

“Sudah ada lahan yang disiapkan pemerintah desa Gunung Bantan ada lapangan sepakbola, untuk menjadi kantor kecamatan. Seluruh persyaratannya sedang kami upayakan untuk dilengkapi,” jelasnya.

Didi menambahkan, presidium dan warga sudah memiliki alasan kuat untuk mengajukan pemekaran. Terlebih pengajuan ini sudah menjadi pembahasan sejak lama, dan semakin jadi perhatian pasca pemekaran kecamatan Semidang Alas.

“Jarak tempuh kalau sudah ada kecamatan Maras, masyarakat bisa lebih cepat untuk kesana dan mendapat pelayanan. Sebenarnya 2013 lalu sudah sempat diusulkan tetapi masih mentok” jelasnya.

Ia berharap agar pemekaran ini dapat didukung oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Seluma, agar proses pemekaran dapat dilakukan dengan cepat. [IT2006]