PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Pers bekerja sama dengan PWI Provinsi Bengkulu selama dua hari yaitu pada Selasa (2/3/2021) hingga Rabu (3/3/2021) melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) se provinsi Bengkulu.

Dalam penutupan pada Rabu (3/3/2021) diketahui ada beberapa peserta yang tidak kompeten atau tidak lulus diantaranya 2 orang tidak lulus karena gagal mengikuti UKW sedangkan ada 5 orang lagi memang dianggap belum kompeten.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan dari Dewan Pers Kamsul Hasan dalam sambutannya.

“Target kita 98 persen lulus UKW ternyata tidak terpenuhi karena ada tujuh orang yang belum lulus atau di anggap kompeten,” Kamsul Hasan menerangkan.

Kamsul Hasan pada kesempatan itu menjelaskan tentang peraturan dewan pasal 3 dimana jika di temukan ada wartawan yang melakukan pelanggaran baik berat maupun ringan maka kartu UKW-nya akan dicabut.

Namun terdapat dua kemungkinan bagi sanksi tersebut, yakni ada yang dicabut permanen ada yang sementara.

Sementara itu ketua PWI Bengkulu Zacky Antoni SH menjelaskan masih banyak wartawan di Bengkulu belum UKW.

“Tidak sampai 50 persen wartawan Bengkulu yang sudah mengikuti UKW,” Zaki mengatakan.

Penutupan hari itu secara resmi di tutup oleh Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo provinsi Bengkulu Jaduliwan SE MM dimana dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat membantu pemerintah daerah Bengkulu dalam memberikan ilmu menjadi wartawan yang kompeten.

“Kami berterima kasih atas suksesnya UKW angkatan 13/14 2021 ini karena kegiatan ini sedikit banyak nya telah membantu pemerintah daerah Provinsi Bengkulu,” Jaduliwan mengatakan.

Penutupan hari itu di tandai dengan foto bersama. [Sirat]