Pedomanbengkulu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, menanggapi tuntutan masyarakat terhadap kampanye Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, yang berjanji akan memberikan tabung gas 3 Kilogram gratis. Meski sudah dilantik, belum ada tanda-tanda Gubernur merealisasikan itu.

Banyaknya masyarakat yang menagih janji tersebut, anggota DPRD Provinsi Edwar Samsi, meminta Gubernur menepati janjinya dan segera direalisasikan kepada masyarakat.

“Kalau memang dia pernah menjanjikan dan banyak orang dengar, ya harus dia (Gubernur) realisasikan. Karena bentuk tanggung jawab moral dia ketika mencalon kemarin. Apapun istilah perjanjiannya, kalau memang menggratiskan, ya jalankan,” tegas Edwar, Rabu (14/4/2021).

Anggota Dewan ini juga mempertanyakan terkait program yang dicanangkan Rohidin saat kampanye Pilgub 2020 lalu, salah satunya yaitu tabung gas 3 Kg gratis. Pasalnya, rencana itu belum ada.

“Misalkan dibebankan di APBD, di mana anggarannya? Tidak ada anggarannya yang soal gratis-gratis itu,” ujarnya.

Edwar juga menuturkan bahwa protes masyarakat itu merupakan hal yang wajar, karena Rohidin menyampaikan janjinya itu didengar oleh seluruh masyarakat Bengkulu.

“Sekarang kalau memang itu bagian janjinya waktu kampanye dan sekarang dia sudah terpilih dan dilantik, ya dilaksanakan. Wajar kalau ibu-ibu protes, karena memang itu janji dia dan ibu-ibu mendengar langsung. Ya intinya itu harus dilaksanakan,” tukasnya. [Medi/Adv]