PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Setelah melakukan penyelidikan dan pengintaian terkait dugaan pelanggaran narkotika, Polres kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berhasil mengamankan dua orang warga kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan (Sumsel) beserta barang bukti (BB) 2,7 kg ganja kering yang rencananya akan diantar ke kota Bengkulu.

Kamis (01/04/2021) siang, Kompol Abdu Arbain selaku Waka Polres Benteng dan didampingi tim Satres Narkoba dalam press release kepada awak media menjelaskan tim satnarkoba melakukan operasi penagkapan terhadap OZ (27) warga desa Muara Sidang dan HD (24) warga Air Klinsa kecamatan Padang Tepo kabupaten Empat Lawang yang diduga pengedar narkotika golongan I jenis ganja dijalan lintas kelurahan Taba Penanjung kecamatan Taba Penajung Benteng dimana pada pukul 22.00 WIB mendapat informasi dari masyarakat adanya transaksi pengantaran narkotika jenis ganja dari Sumsel menuju Bengkulu.

“Setelah mendapat informasi dari masyarakat, tim dari Polres Benteng dimana saya sendiri yang memimpin operasi tersebut melakukan pengintayan terhadap informasi yang kita terima,” jelas Waka Polres Kompol Abdu Arbain.

Sementara dari penangkapan tersebut, Waka Polres juga menjelaskan, kedua pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, karena pelaku berniat kabur dan melakukan pelawanan saat dilakukan penangkapan.

“Pelaku berniat kabur dan melawan. Sementara barang bukti yang kita dapatkan yaitu ganja kering seberat 2,7 kg yang dibungkus karung pelastik dan dibungkus kembali dengan kantong plastik warna hitam, kendaran roda dua Honda Beat, dan dua unit Hp,” ungkap Abdu.

Dari kasus penangkapan bandar narkotika golongan I jenis ganja tersebut, kedua pelaku dikenakan pasal yang disangkakan pasal 114 ayat 1, pasal 132 ayat 1 subsider 111 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara. [Hendri suwi]