PedomanBengkulu.com, Kaur – Buntut sengketa pemilihan Kepala Desa di Desa Jawi Kecamatan Kinal kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, maka hari ini, Kamis (1/4/2021) dilakukan penghitungan ulang yang dilaksanakan di Aula Polres Kaur.

Penghitungan ulang yang dijaga ketat oleh Jajaran Polres Kaur serta dari Satuan Polisi Pamong Praja Kaur itu hanya di hadiri para saksi serta satu orang Calon Kepala Desa yaitu no urut 1 Yendra Haito.

“Pelaksanaan penghitungan ulang hari ini sesuai dengan hasil rapat panitia kabupaten dan penitia pemungutan suara desa Jawi serta ini merupakan keputusan Bupati Kaur,” PLT Asisten 1 Pemda Kaur Robi Antomi menjelaskan.

Meskipun penghitungan ulang telah di laksanakan namun untuk menentukan pemenangnya tetap harus menunggu hasil PTUN.

“Karena surat keputusan Bupati terkait pelaksanaan penghitungan suara ditolak serta diajukan ke pengadilan tata usaha negara ( PTUN) oleh salah seorang calon kades maka penetapan pemenang kita tetap menunggu hasil keputusan PTUN,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan penghitungan itu sendiri, panitia langsung menghitung suara dan dari hasil penghitungan hari itu diKetahui hasilnya dimana untuk suara nomor urut 01 Yandri Haito mendapat 149 suara, No urut 2 Ahmad Sumantri 77 suara dan Didi Haryanto 146. Sedangkan suara batal tiga suara. Jumlah suara sah 372.

Sama-sama diketahui bahwa dalam penghitungan suara sebelumnya (28/2/2021 ) antara pasangan calon no urut 1 dan 3 draw sama memperoleh 147 suara sedangkan surat suara yang tidak sah ada 7 surat suara sedang pada penghitungan ulang hanya ada 3 surat suara dinyatakan tidak sah. [Sirat]