Tampak kegiatan Sosialisasi bahaya Hoax di Dinas Kominfo Kaur pada Minggu (11/4/2021)

PedomanBengkulu.com, Kaur – Bertempat di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kaur pada Minggu (11/4/2021) pagi puluhan wartawan mengikuti sosialisasi terkait bahaya berita Hoax.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kaur, Asman Suhadi mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini diantaranya adalah sebagai upaya meningkatkan profesionalisme para insan pers dengan memperhatikan kode etik Jurnalistik.

“Saya mengharapkan di Kabupaten Kaur tidak ada informasi hoax, dan jika ditemukan dan dapat dipertanggungjawabkan berita itu terindikasi Hoax maka pihak pemerintah tentu akan menindaklanjuti,” jelas Asman Suhadi.

Sementara itu terkait peningkatan kompetensi wartawan di Kaur, menurutnya pihak pemerintah daerah Kaur sudah melakukan koordinasi ke pihak pemerintah provinsi Bengkulu, sebagai upaya peningkatan kualitas para jurnalis di Kaur.

“Karena UKW sifatnya penting maka uji kompetensi wartawan ini akan kita jadikan prioritas kegiatan di Dinas Kominfo,” tambah Asman.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Zaky Antoni selaku narasumber memberikan materi dengan judul “Pers dan rambu rambu Media Sosial”.

Dalam penyajian materi, Zaky lebih memfokuskan terkait Undang-Undang yang berkaitan dengan pelanggaran dalam menyampaikan informasi baik UU ITE maupun UU Pers.

“Kita harus hati-hati dalam menyampaikan informasi terutama melalui media sosial karena ancaman pidananya bisa mencapai belasan tahun dengan denda miliaran rupiah,” Zaki menjelaskan.

Terkait banyaknya media media yang ada saat ini, menurut Zaky Antony, itu dikarenakan longgar atau mudahnya dalam pengurusan penerbitan sebuah Media. [Sirat]