Risma Masjid Nurul Islam bersama Lurah Anggut Bawah, pengurus masjid dan karang taruna berfoto bersama usai Salat Ashar berjamaah di Masjid Nurul Islam Kelurahan Anggut Bawah, Sabtu (17/4/2021).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sejumlah kaum muda dan pelajar Masjid Nurul Islam Kelurahan Anggut Bawah sepakat berperan aktif mensukseskan program Bengkulu Religius yang dicanang Walikota H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi.

Hal ini ditegaskan oleh Mubaligh Kelurahan Anggut Bawah, Rudi Nurdiansyah, saat acara pemutaran film sahabat Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam di Masjid Nurul Islam, Sabtu (17/4/2021).

“Pada era globalisasi ini kaum muda hanya memiliki dua pilihan suasana, suasana taat atau suasana maksiat. Kalau masjid-masjid gagal membangun suasana ketaatan di kalangan anak mudanya, maka siap-siap kampung itu dikepung dengan suasana kemaksiatan,” kata Rudi Nurdiansyah.

Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu menjelaskan, melalui dukungan Pemerintah Kota Bengkulu, Risma Nurul Islam siap untuk menularkan semangat membangun suasana ketaatan di suatu kampung tersebut ke masjid-masjid lainnya di Kota Bengkulu.

“Alhamdulillah Bapak Walikota dan Wakil Walikota memberikan respon positif. Insya Allah nanti kita ada program bersih-bersih masjid dan buka bersama dengan Risma-Risma yang ada. Targetnya kedepan bagaimana Risma-Risma di Kota Bengkulu minimal bisa aktif dulu terus ambil peran dalam usaha memakmurkan masjid,” ujar Rudi Nurdiansyah.

Pengurus Laskar At-Taqwa Masjid Agung Kota Bengkulu itu menambahkan, diperlukan kerjasama yang baik dari masyarakat agar program-program Pemerintah Kota Bengkulu bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

“Misal baru-baru ini Bapak Walikota ingin agar disetiap masjid ada taklim hadist-hadist Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam antara azan dan iqomah supaya masyarakat bisa kumpul dulu di masjid sebelum salat berjamaah dimulai. Risma-Risma inilah yang diharapkan jadi petugas taklimnya. Risma-Risma ini kita dorong jadi agen-agen marketing langit yang menyampaikan keutamaan-keutamaan amalan akhirat kepada setiap jamaah masjid,” sampai Rudi Nurdiansyah.

Mewakili Walikota H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Kepala Lurah Anggut Bawah Ade Zuardi, menyambut positif usaha Risma Nurul Islam tersebut.

“Pemerintah Kota Bengkulu akan senantiasa mendukung setiap usaha yang tulus, serius dan sungguh-sungguh dari masyarakat yang ingin program-program Bengkulu Religius dan Bahagia dapat berhasil. Mudah-mudahan anak-anak muda ini bisa istikamah,” ucap Ade Zuardi.

Pengurus Risma Nurul Islam, Mohamad Nopi Hidayat, mengenai hal ini mengatakan, pemuda dan remaja Nurul Islam sejauh ini telah menjalankan sejumlah program, diantaranya taklim masjid, musyawarah, silaturahmi ke tetangga masjid dan lain-lain.

Tak hanya kaum muda dan remaja masjid, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DKM Masjid Nurul Islam Khalid Agustin dan Ketua Karang Taruna Anggut Bawah Dodi Novriandi. [Muhammad Qolbi]