PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Badan Narkotika Nasional Provins (BNNP) Bengkulu berhasil mengungkap kebun ganja di wilayah Bengkulu, tepatnya di Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Hal itu dibenarkan Kabid Brantas BNNP Bengkulu Drs. Kombes Pol Sukria Gaos. Pengungkapan kebun ganja tersebut berawal dari adanya informasi masyarakat, pada 29 April 2021 lalu terkait adanya kebun ganja di lokasi itu. Lalu tim brantas narkoba dipimpin Kepala Tim Lapangan Aipda Meksiko menuju ke lokasi yang memakan waktu 6 jam dari permukiman warga.

“Saat mendapat laporan itu tim langsung menuju Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu untuk melakukan penyelidikan, dan setelah itu menuju lokasi dan tim tiba dilokasi pada 2 Mei 2021,” kata Sukria Gaos, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, Kepala BNNP Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Toga Habinsaran Panjaitan mengungkapkan, untuk menuju lokasi ladang ganja, tim harus menempuh perjalanan selama 6 jam berjalan kaki dari permukiman warga.

Kebun ganja tersebut berada ditengah hutan sehingga untuk menuju lokasi memakan waktu, karena medan menju lokasi tidak bisa menggunakan kendaraan.

“Luasnya itu sekitar setengah sampai satu hektar, yang kecil-kecil juga kita cabuti dan musnahkan,” kata kata Toga Habinsaran Panjaitan.

Toga Habinsaran Panjaitan menyampaikan, sebanyak 75 batang pohon ganja dengan ketinggian mulai sekitar 50 cm hingga 100 cm lebih yang diamankan dari lokasi.

“Sekitar 3 kilo gram ganja yang dibawa dari lokasi. Untuk terduga pelaku pemilik ladang belum diketahui dan saat ini masih dalam penyelidikan kami,” ungkap Toga Habinsaran Panjaitan.

Toga Habinsaran Panjaitan menegaskan, pemberantasan narkoba dimanapun beraada terus dilakukan pihaknya, tanpa pandang bulu.

“Sekecil apapun informasi kita tindaklanjuti, pelakunya kita sikat,” Toga Habinsaran Panjaitan. [Anto]