PedomanBengkulu.com, Lebong – Usai melaksanakan solat Jum’at (7/5/2021), Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi turun kelapangan memantau kawasan irigasi yang berasal dari Air Piantan di Desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong. Pemantauan ini untuk menindaklanjuti, adanya laporan masyarakat atas kerusakan hulu irigasi, dampak dari banjir Air Piantan. Bahkan kerusakan pada hulu irigasi tersebut, mengakibatkan hamparan sawah masyarakat mengalami kesulitan air.

Setelah melihat langsung, Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Lebong Fahrurrozi meminta dilakukan normalisasi aliran sungai Air Piantan dan pembangunan irigasi yang rusak, masuk dalam program usulan tahun anggaran 2022.

“Pertama yang akan kita lakukan adalah normalisasi sungai sepanjang sekitar 1,5 KM dan perbaikan irigasi yang sudah dibangun. Karena manfaatnya hampir 150 hektar hamparan sawah (dari Pelabuhan Talang Leak,red) hingga Talang Leak II dan itu sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkap Kopli Ansori usai melihat langsung irigasi dan aliran Air Piantan, Jum’at (7/5/2021) siang.

Ditambahkan Kopli, terkait langkah awal yang harus dilakukan, untuk perbaikan irigasi dirinya menyarankan agar bisa dibangun melalui Dana Desa, agar air irigasinya bisa digunakan secepatnya. Kalaupun memang tidak bisa, lanjutnya, berarti harus menunggu anggaran tahun 2022.

“Dari hasil pembahasan awal, estimasi anggaran yang diperlukan sekitar Rp. 3,5 Miliar untuk kegiatan normalisasi sepanjang 1,5 KM. Selain normalisasi dan bangun irigasi, kita juga masih menghitung apakah akan dibangun beronjong atau pelapis tebing,” singkatnya.

Berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com dilokasi, Bupati dan Wabup Lebong saat kunjungan didampingi Anggota Komisi II DPRD Lebong Pip Haryono, Asisten I, Plt Kadis DPUPRP Lebong beserta Bidang SDA. Kemudian Kadis Pertanian dan Perikanan bersama jajaran, BPBD Lebong, Camat Bingin Kuning dan Kades Pelabuhan Talang Leak. Menariknya, dilokasi atau tepatnya dipinggiran aliran Air Piantan. Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Lebong Fahrurrozi, terkesan menggelar rapat mendadak dilokasi bersama instansi yang hadir, membahas langkah-langkah yang harus dilakukan Pemkab Lebong.[Supriyadi]