PedomanBengkulu.com, Seluma – Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Seluma, memutuskan untuk tidak membuka tempat wisata sementara pada saat libur hari raya idul fitri mendatang. Seluruh tempat wisata dilarang dibuka, sehingga wisatawan dari luar daerah tidak boleh datang berkunjung selama 12 Mei sampai dengan 16 Mei 2021. Langkah ini dilakukan setelah dilakukan rapat finalisasi oleh Satgas yang terdiri dari berbagai elemen.

“Kami putuskan untuk menutup sementara tempat wisata dari kunjungan masyarakat, baik dari dalam maupun luar kabupaten Seluma, karena mengingat saat ini kondisi Seluma masih berada di zona kuning. Selain itu ada potensi kunjungan masyarakat dari luar daerah yang dapat menyebabkan peningkatan kasus aktif Covid-19,” jelas Bupati Seluma, Erwin Octavian (7/5/2021).

Adapun di Kabupaten Seluma terdapat 12 titik lokasi wisata, yang kerap dikunjungi masyarakat saat hari raya idul fitri. Petugas kepolisian akan ditempatkan di lokasi wisata, agar mencegah wisatawan datang. Penutupan juga akan dilakukan langsung oleh pemerintah desa.

“Akan ada petugas kepolisian yang kami tempatkan di lokasi wisata, sehingga tidak ada yang datang, dan diminta untuk langsung pulang,” jelas Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo.

Masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah saat hari raya idul fitri, dan mengedepankan kegiatan silaturahim secara virtual. Ini dalam rangka mencegah penularan Covid-19, yang dapat mengalami kenaiakan kasus aktif bila protokol kesehatan tidak ditaati.

“Untuk salat ied tetap boleh dilakukan, dengan syarat emnerapkan protokol kesehatan, dan kapasitasnya hanya 10 persen dari total kapasitas,” jelas Swittanto. [IT2006]

Berikut lokasi wisata di Seluma yang ditutup :

1. Sungai Napal Jungur di desa Napal Jungur
2. Air terjun Batu bekinyau di desa Sengkuang Jaya
3. Wisata Pantai Seluma di desa Pasar Seluma
4. Bendungan Seluma di kelurahan Lubuk lintang
5. Sungai Desa Pandan di Desa Pandan
6. Pemandian dan Sungai Lubuk Resam di desa Lubuk Resam
7. Wisata Cemoro Sewu di desa Kungkai Baru
8. Pantai Talo di kecamatan Ilir Talo
9. Pantai Maras di Kecamatan SAM
10. Air terjun Melancar di desa Air Melancar
11. Pantai Ngalam di desa Pasar Ngalam
12. Air Terjun Kroya di desa Sukamaju