PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Setelah melakukan uji coba pada minggu lalu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menggelar SSE (Sistem Seleksi Elektronik) penerimaan mahasiswa baru jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Tahun 2021, Senin (24/05/2021).

Wakil Rektor I, Dr. Samsudin, M.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan pelaksanaan SSE digelar serentak se-Indonesia dan diikuti oleh 58 PTKIN dan 1 PTN.

“SSE UM-PTKIN di IAIN Bengkulu akan berlangsung selama 3 hari terhitung dari tanggal 24 sampai dengan 27 Mei 2021. Dalam satu hari, pelaksanaannya dibagi menjadi 3 sesi,” ujarnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan ujian SSE secara daring ini selain untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 juga menyahuti perkembangan era revolusi industri 4.0.

“Peserta UM-PTKIN IAIN Bengkulu tahun 2021 berjumlah 1489 orang dan Alhamdulillah secara umum pelaksanaan ujian SE hari pertama ini berjalan lancar dan kondusif,” sebutnya.

Menurut Samsudin, dalam pelaksanaan UM-PTKIN tahun 2021 mengalami peningkatan kualitas. Pasalnya, ujian menggunakan SSE ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan PTKIN. Sehingga, sejumlah kendala dalam pelaksanan di tahun sebelumnya telah dilakukan perbaikan.

“Pelaksanaannya sama, tapi ada peningkatan mutu pelayanan. Seperti jika peserta ujian mengalami kendala, mereka dapat langsung menyampaikannya di link yang ada di kanal tempat mereka menjalani ujian,” terangnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan UM-PTKIN ini pun dilakukan tes membaca dan menulis Al-Qur’an melalui perangkat yang telah disediakan dalam SSE.[Kucir.06]