PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memastikan Lebaran 1 Syawal 1442 H/Idul Fitri 2021 jatuh pada pada Kamis, 13 Mei 2021. Dengan demikian, warga Muhammadiyah akan melaksanakan takbiran pada hari ini, Rabu (12/5/2021).

Mengenai Hari Raya yang diperingati oleh miliaran umat umat Islam sedunia tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, perayaan Idul Fitri 2021 masih dalam suasana keprihatinan dan kewaspadaan terhadap ancaman penularan covid-19.

“Dukung pemerintah mencegah transmisi penularan covid-19 dengan tidak mudik ke kampung halaman. Usaha pencegahan ini harus diikuti bersama. Mudah-mudahan semua bisa memahami memaksakan diri untuk mudik bisa membahayakan keluarga dan kerabat di kampung halamannya,” kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Bidang OPK BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini mamaparkan, kemeriahan Idul Fitri sendiri tetap akan bisa dirasakan ketika silaturahmi tetap terjaga dan semangat saling memberi tetap terjadi antar keluarga dan pribadi.

“Silaturahmi kini kan nggak mesti tatap muka, sudah banyak yang terbiasa dengan silaturahmi visual lewat media sosial, WhatsApp, video call dan lain sebagainya. Tetap saling berbagi, saling mengirimi kebutuhan, saling mendoakan keselamatan mudah-mudahan wabah covid-19 segera lenyap dari muka bumi,” ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu berharap pemerintah telah siap untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok yang senantiasa merangkak naik berkali lipat dari harga normal menjelang hari Raya Idul Fitri atau hari-hari besar lainnya.

“Hampir setiap tahun inflasi naik tinggi menjelang Idul Fitri. Saya nggak akan bosan untuk mengingatkan pentingnya terobosan-terobosan baru agar kedepan ada atau saat-saat menjelang lebaran, harga sembako tetap stabil, stok mencukupi dan kualitas tetap baik,” ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai (PJPP) ini menambahkan, ia mendoakan para momen Ramadan 1442 Hijriah ini, semua amal ibadah kaum muslimin dan muslimat diterima di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

“Apa yang ingin dicapai dalam puasa adalah lahirnya manusia-manusia yang bertakwa, orang-orang beriman yang peduli dengan sesama, peduli dengan kemajuan bangsa dan negara. Melalui momen ini, saya berserta keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan bathin,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk diketahui, Kemenag telah mengeluarkan panduan ibadah Idul Fitri 2021 yang tertuang melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dalam rangka menekan potensi penularan virus.

Dalam surat tersebut tertulis salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah atau 2021 Masehi dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka namun dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rilisnya telah mengumumkan bahwa pemerintah melarang takbir keliling menyambut hari raya Idul Fitri 2021. Pun demikian, takbiran tetap bisa dilakukan di masjid tanpa harus berkeliling. [Muhammad Qolbi]