Beranda BERITA 1884 Mahasiswa IAIN Bengkulu Ikuti KKN Berbasis PKP

1884 Mahasiswa IAIN Bengkulu Ikuti KKN Berbasis PKP

Provinsi Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19, pembukaan sekaligus peresmian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Perikanan dan Ketahanan Pangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Selasa (29/6), sukses digelar.

Kegiatan yang berlokasi di Belakang Gedung Kuliah Fakultas Syariah IAIN Bengkulu ini dihadiri oleh Rektor, Dekan Fakultas, Perwakilan Darmawanita, Penyuluh Perikanan dan Pertanian Kota Bengkulu, serta para Dosen IAIN Bengkulu.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. Sirajuddin, M.,M.Ag.,MH  mengatakan bahwa, kegiatan ini sebagai pelayan terhadap mahasiswa yang tidak bisa KKN seperti tahun tahun sebelum pandemi.

“Jika KKN tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, nantinya akan di berikan reward sebagai bentuk apresiasi dari berbagai pihak yang terlibat,” ungkap Rektor.

Dilain sisi, ketua LPPM IAIN Bengkulu, Mus Mulyadi mengungkapkan bahwa KKN tahun ini adalah KKN pertama’ bagi transformasi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Beliau juga mengatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun ini diikuti kurang lebih 1884 peserta dari seluruh mahasiswa IAIN Bengkulu yang terlibat, dengan dua konsep Kuliah Kerja Nyata (KKN) yakni Perikanan dan Pertanian yang dilakukan di dalam kampus sendiri, dan KKN Serumpun Melayu yang akan dilaksanakan di wilayah Sumatera tepat di Padang Pariaman.

IAIN Bengkulu mengirimkan 8 orang peserta untuk mengikuti KKN tersebut. Terang mus mulyadi Tahun ini panitia membagi lokasi KKN dibeberapa tempat, khusus pertanian ada 10 lokasi seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) , Febi , Saintek, dan di Lokasi lama yaitu di Asrama Putra(Ma’had Putra). Khusus Perikanan dibagi menjadi dua tempat, di Saintek dan di Asrama Putra (Ma’had Putra) masih lokasi lama.

Perikanan juga dibagi menjadi 70. 50 kelompok berlokasi di Saintek dan 20 kelompok berlokasi di Asrama (Ma’had). Beliau juga mengungkapkan beberapa pihak ikut membantu di Pertanian yaitu bibit, dua kantong benih bayam, dua kantong benih sawi.

Harapan nya juga benih tersebut akan dipanen serentak, target yang di harapkan 20 hari 1 Bulan yakni panen 2 kali. Juga perikanan, dibantu dengan di beri nya Waring per kelompok, bibit lele 1500 yang memperkirakan 10 ton hasil panen. Juga diberi bantuan pangan kepada peserta sebagai kebutuhan mereka sendiri. Beliau juga mengatakan sejak terlaksana nya kegiatan ini PPL perikanan selalu melakukan evaluasi terhadap kegiatan KKN tahun ini khususnya Perikanan.

Beliau berharap , Mahasiswa tetap mensyukuri kegiatan ini meskipun dalam masa pandemi. Mudahan mudahan ini bisa menjadi motivasi dan memupuk jiwa interprenes Mahasiswa serta lancar sampai selesai, juga peserta tetap menjaga protokol kesehatan yang tetap dipatuhi,” ujarnya.[Kucir06]