PedomanBengkulu.com, Lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Ketua TP PKK Lebong Elvi Sukaesih, Asisten I Setda Lebong Jafri, Kabag Keprotokolan Setda Lebong Riki Irawan Kamis (10/6/2021) siang, meninjau langsung kesiapan Pemerintah Desa Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis menjadi Desa Wisata. Secara kebetulan juga, di Desa Sebelat Ulu saat itu berlangsungnya kegiatan Kepala Bappeda Lebong Robert Mantovani bersama Asosiasi Desa Wisata (Asidewi).

Untuk diketahui, Desa Wisata Sebelat Ulu nantinya akan dipromosikan sebagai tujuan wisata tingkat internasional, dengan menjual keindahan alam khususnya pendakian Gunung Sebelat. Sebelum dilaksanakan launching Desa Wisata yang diperkirakan akhir tahun, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Sebelat Ulu sedang melaksanakan pembangunan akses pendukung. Seperti pembangunan jalan rabat, patung icon pendakian, dan sarana Glamping bagi para wisatawan yang akan datang ke Desa Sebelat Ulu.

“Desa Sebelat Ulu secara persyaratan untuk dijadikan Desa Wisata bertaraf internasional terpenuhi. Hari ini kita ingin melihat langsung kesiapan Pemdes Sebelat Ulu dalam mempersiapkan diri sebagai Desa Wisata,” ungkap Bupati Lebong Kopli Ansori disela kunjungannya di Desa Sebelat Ulu Kamis (10/6/2021) siang.

Dilanjutkan Bupati Kopli, dalam pencanangan desa wisata itu sendiri, tidak bisa hanya inisiatif Pemdes maupun OPD teknis saja, tetapi harus didukung juga oleh masyarakat Desa Sebelat Ulu. Karena kenyamanan para wisata pendakian nantinya juga akan ada interaksi dengan warga setempat. Termasuk juga adanya pemberdayaan melibatkan masyarakat dalam kelompok Pokdarwis, maupun pengembangan usaha rumahan untuk souvernir maupun makanan.

“Saya harap juga kita jangan hanya bisa launching saja, tetapi program Desa Wisata harus secara berkelanjutan. Dengan dukungan masyarakat juga, saya yakin pengembangan Desa Wisata Sebelat Ulu dapat menjadi icon wisata yang layak dijual secara nasional hingga internasional. Karena Desa Wisata biasanya sepaket dengan Desa Digital, ini PR yang harus kita siapkan supaya Desa Sebelat Ulu terkoneksi jaringan internet, minimal pembangunan tower mini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sebelat Ulu Ahmad Bukhari menyebutkan, dalam program kerja Dana Desa (DD) tahun 2021 ini, pihaknya memang mengedepankan upaya pendukung sebagai Desa Wisata. Salah satunya membangun Patung Icon Pendaki, Jalan akses dan lokasi Glamping bagi para wisatawan.

“Selain membangun sarana pendukung, kami juga mulai membangun kesadaran masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik, sebagai persiapan launching Desa Wisata,” singkat Bhukari.[Supriyadi]