PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Proses perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu akhirnya selesai. Kampus Hijau yang berlokasi di Jalan Raden Fatah Kelurahan Pagar Dewa tersebut resmi beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu setelah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2021.

Disampaikan Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Sirajuddin, dengan perubahan status tersebut, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu akan menyelenggaran program pendidikan umum.

“Dengan perubahan status ini membuat UIN dapat menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu lain, yakni program studi umum,” jelas Rektor dalam konferensi persnya, Selasa (1/6).

Lebih lanjut, untuk pembinaan teknis penyelenggaraan program pendidikan tinggi ilmu Agama Islam dilakukan oleh Kemenag dan pembinaan teknis prodi ilmu umum lain dilakukan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang pendidikan. Menurutnya, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu akan menyiapkan beberapa prodi umum yang masih menginduk di fakultas keagamaan.

Dikesempatan yang sama, Rektor IAIN Bengkulu ini juga mengatakan, dengan penandatanganan Perpres Nomor 45 Tahun 2021 tersebut, maka akan melahirkan Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker).

“Kedepannya kita akan step-by-step merubah apa yang ada tetapi tidak secara gradual. Seperti penambahan eselon di UIN untuk melengkapi persyaratan, kemudian penambahan fakultas dan bisa juga nanti akan dilakukan restrukturisasi,” tandasnya.[Kucir.06]