Pedomanbengkulu.com, Seluma – Potret jam kerja yang tidak digunakan dengan baik terlihat di Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma. Pantauan di belakang kantor Dispendik rabu (23/6/2021) siang pada saat jam kerja, terlihat tenaga honorer yang baru saja bergabung duduk di belakang kantor Dinas tak jauh dari kantin. Mereka berkumpul dibawah pohon sembari bermain handhone dan mengobrol. Padahal saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 14.02 WIB, yang artinya jam istirahat telah selesai.

Tak hanya berkumpul di belakang kantor dinas, para honorer juga terlihat duduk berjejer di depan pintu masuk gedung Dispendik. Tidak ada pekerjaan yang sedang dilakukan para tenaga kontrak berpakaian putih hitam tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali saat dikonfirmasi membenarkan adanya tenaga honorer yang tidak bekerja pada saat jam kerja. Ia mengatakan mereka tidak memiliki tempat duduk, sehingga tidak bisa seluruhnya berada di dalam ruangan dan bekerja.

“Karena jumlahnya banyak tidak mungkin disuruh duduk di dalam kantor semua, jadi ada yang duduk di luar, termasuk duduk di belakang kantor,” jelasnya.

Emzaili menambahkan, seluruh tenaga honorer tersebut bertugas sebagai pramubakti dan cleaning service. Jumlah tenaga honorer tersebut bertambah sejak memasuki 2021, dari jumlah semula pada 2020 lalu.

“Jumlahnya kurang lebih 45 orang, ada penambahan dari pada tahun kemarin sebanyak 15 sampai 16 orang, kalau sesuai SK nya mereka itu cleaning service dan pramubakti, tidak ada yang tenaga administrasi,” jelasnya. [IT2006]