Bupati Lebong Kopli Ansori saat pemukulan Gong pembukaan Pekan Digital sekaligus launching Aplikasi SIP-MAS SMAN 5 Lebong

PedomanBengkulu.com, Lebong – Pembukaan Pekan Digital dan Launching Aplikasi SIP-MAS SMAN 5 Lebong dalam rangka kegiatan Generasi Eksis (Genesis) ke II yang dilaksanakan SMA Negeri 5 Lebong, Senin (14/06/2021) secara resmi dibuka oleh Bupati Lebong Kopli Ansori. Selain Launching SIP MAS SMAN 5 Lebong, pekan digital yang berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (16/06/2021) tersebut, juga mengadakan Game minecraf competition untuk tingkat SD dan SMP, lomba Vlog Pendidikan SD dan SMP. Selanjutnya agenda pelatihan google site untuk guru dan siswa SD, SMP dan SMA se Kabupaten Lebong.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan apresiasinya kepada Kepsek dan dewan guru SMAN 5 Lebong, yang menjadi pelopor sekolah digital dalam menyiapkan generasi yang paham teknologi. Dirinya berharap apa yang sudah dilakukan SMAN 5 Lebong tersebut, dapat menjadi acuan dan diikuti seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Lebong.

Selain itu, Kopli Ansori juga menyebutkan, bahwa apa yang sudah dilakukan SMAN 5 Lebong adalah bukti kesiapan daerah dalam memasuki era globalisasi digital, itu juga akan memacu melahirkan SDM yang berwawasan global. Untuk SD dan SMP yang ada di Kabupaten Lebong, dirinya akan menginstruksikan untuk mulai mengembangkan pembelajaran sistem digital berbasis teknologi. Kalau bisa dirinya berharap bisa menyalip apa yang sudah dilakukan SMAN 5 Lebong.

“Artinya ini menjadi dorongan kita bersama dan saya mengintruksikan SD dan SMP harus mulai dan menekuni digitalisasi di sekolah. Zaman sekarang ini orang sudah mulai menuju era digitalisasi, karena untuk melahirkan SDM yang siap menyambut era globalisasi, tentunya pihak sekolah harus peka dan mulai menerapkan sistem pembelajaran dengan mengenalkan digitalisasi disekolahnya,” sampai Kopli Ansori.

Sementara itu Kepsek SMAN 5 Lebong Ferdiyan Midas menyebutkan, tantangan Digitalisasi Pendidikan Dalam Membidik SDM Unggul Peningkatan mutu guru dan Siswa mutlak diperlukan guna menyiapkan SDM yang tangguh, adaptif, memiliki daya saing dan tetap berkarakter dalam memenuhi kualifikasi work 4.0 dan perspektif global. Lebih jauh, revolusi industri 4.0, menyebabkan dunia kerja yang membutuhkan manusia Indonesia unggul dan menguasai IPTEK. Pandemi Covid-19 seakan menjadi katalis, cepatnya digitalisasi pendidikan dan telah menyebabkan perubahan pola belajar-mengajar guru dan siswa.

“Sebagai respon cepat atas urgensi transformasi digital tersebut, SMAN 5 Lebong yang merupakan sekolah berbasis digital. Sekaligus perpanjangan tangan pemerintah, memiliki program-program unggulan untuk mendukung pendidikan di Kabupaten Lebong, dalam menyiapkan manusia unggul,” ucapnya.

Ditambahkan Ferdiyan, melihat adanya peluang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, terutama dalam penggunaan gadget atau Handphone, SMAN 5 Lebong mencoba berinovasi dengan membuat sebuah aplikasi digital SIP MAS SMAN 5 Lebong, yang sudah bisa didownload di play store. Aplikasi ini berbasis manajemen administrasi sekolah, yang dapat digunakan dalam kegiatan administrasi sekolah, perpustakaan online, keuangan siswa, absensi siswa dan guru. Kemudian pembelajaran dan ujian online menggunakan Tablet, yang kami dapatkan dari bantuan afirmasi tahun 2020 yang lalu.

“Aplikasi SIP-MAS SMAN 5 Lebong, untuk siswa meminimalisir penggunaan Handphone untuk hal yang tidak bermanfaat, sedangkan untuk guru dapat meminimalisir penggunaan kertas dalam membuat perangkat pembelajaran seperti Silbus, RPP dan lainnya. Besar harapan kami kegiatan pekan digital ini, dapat memberikan pemahaman sekaligus pencerahan, tentang penggunaan dan pemanfaatan internet dalam era globalisasi. Selain itu, semoga dapat memberikan kontribusi untuk mewujudkan SDM yang berwawasan global, sesuai dengan visi dan misi Bupati Lebong menuju SDM berkualitas yang bahagia dan sejahtera,” singkatnya.

Berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com, acara pembukaan pekan digital SMAN 5 Lebong ini dihadiri Kacab Lebong Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Mahmud Siam, Para Asisten dan Staf Ahli Setda Lebong, Kepala OPD, Camat dan sejumlah Kepsek SMA, SMP dan SD se Kabupaten Lebong.[Supriyadi]