Webinar Literasi Digital Mahasiswa

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bukan zamannya lagi jadi Mahasiswa yang cuma Cerdas Akademik. Namun harus Cerdas juga secara Digital.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Komimfo RI) menggandeng Komunitas Literasi Digital menggelar Webinar Gratis yang berlangsung pada Kamis (10/6/2021), pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Dengan menghadirkan materi-materi handal dan kompeten. Webinar ini sangat diminati kalangan muda. Dari 932 pendaftar, sebanyak 490 ikut menjadi peserta webinar dalam Zoom meeting tersebut.

Webinar ini memberikan pesan penting tentang cerdas di dunia digital.  Pemateri yang hadir diantaranya Arief Rama Syarif S.T, M.Kom (Staf Ahli – Bidang IT PT. Prima Armada Raya), Cecep Nurul Alam, ST., MT (Kepala Dinas e-Learning UIN Bandung), Dr. Qolbi Khoiri, M.Pd.I (Ketua Program Doktor PAI IAIN Bengkulu),dan Buyung Kasdi, S.Sos., MM (Wakil Ketua III STIA Bengkulu).

Staf Ahli – Bidang IT PT Prima Armada Raya, Arief Rama Syarif S.T, M.Kom mengatakan, hidup di era digital memudahkan masyarakat untuk mendapatkan, berbagi, hingga mengolah berbagai informasi.

“Meskipun memudahkan dalam berinteraksi satu sama lain dan mudahnya arus informasi di era digital, menjadi tantangan sendiri di era ini. Seperti rentannya penyebaran konten negatif melalui internet berupa hoax, cyberbullying, dan online radicalism,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap, kita untuk aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya. Sehingga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital.

Kepala Dinas e-Learning UIN Bandung, Cecep Nurul Alam, ST., MT membenarkan hal itu. Berbagai macam informasi bisa didapatkan di media sosial, baik yang positif maupun yang negatif itu dibutuhkan literasi digital agar masyarakat luas mampu memilih dan memilah konten serta memerangi info hoax, hate speech dan berita negatif.

“Internet itu ibarat pisau bermata dua, yang harus ditingkatkan adalah kemampuan kita untuk menggunakan internet secara baik. Sehingga manfaatnya lebih banyak,” paparnya.

Ketua Program Doktor PAI IAIN Bengkulu, Dr. Qolbi Khoiri, M.Pd.I menambahkan, guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, kementerian komunikasi dan informatika merumuskan empat area kompetensi literasi digital, yaitu digital skills, digital safety, digital ethics, dan digital culture.

“Semua kompetensi yang harus inline agar cita-cita kita memberikan literasi digital masyarakat Indonesia bisa tercapai,” ujarnya.

Wakil Ketua III STIA Bengkulu, Buyung Kasdi, S.Sos., MM mengatakan, hal utama dalam mengolah konten sosial media adalah memberikan informasi yang benar dan bermanfaat.

Webinar yang diadakan melalui zoom melalui link https://us02web.zoom.us/j/4685100939 mendapat apresiasi dari semua pihak yang mengikuti, yaitu 490 peserta. Peserta Webinar ini mendapatkan E-sertifikat dari Kementerian Kominfo. Dan 10 peserta terbaik mendapatkan hadiah voucher. [Medi]