Hj Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, Komite II memberikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas kemitraan yang telah terbentuk dan sangat mendukung program kerja KLHK pada tahun ini dan tahun mendatang.

Perempuan berparas anggun dengan jilbabnya itu membeberkan, kemitraan tersebut dilandasi atas keinginan kedua lembaga untuk bersama-sama memaksimalkan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dengan semangat melestarikan untuk anak cucu dan generasi lanjut pada seluruh daerah di Indonesia.

“Dukungan ini diberikan sepanjang menyangkut kepentingan nasional dan kepentingan daerah di sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Hasil-hasil hutan dan lingkungan hidup harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran bangsa dengan semangat utama menjaga kelestariannya untuk anak cucu dan generasi lanjut,” kata Hj Riri Damayanti John Latief, Kamis (10/6/2021).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur (SEMAKU) ini menjelaskan, Komite II DPD RI juga mendukung peningkatan anggaran KLHK untuk Tahun Anggaran 2022 mendatang.

“Agar penugasan pelaksanaan pekerjaan pada program prioritas nasional dapat lebih optimal. Termasuk program kerja KLHK yang akan dilaksanakan di daerah,” papar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai (PJPP) ini mengimbau semua masyarakat, khususnya yang ikut mengelola hutan di Bengkulu, daerah asal pemilihannya, tidak sungkan untuk menyampaikan aspirasi terkait program-program lingkungan hidup dan kehutanan.

“Silahkan sampaikan aspirasi apapun terkait lingkungan hidup dan kehutanan ini. DPD RI dan KLHK sudah sama-sama sepakat setiap masalah-masalah yang terjadi kedepan akan dipecahkan bersama melalui Pimpinan Komite,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk diketahui, belum lama ini, Komite II DPD RI bersama KLKH menggelar Rapat Kerja dalam rangka melaksanakan Prioritas Nasional Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2021 untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan reformasi sosial akibat Pandemi COVID-19.

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang Pelaksanaan Program Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021 dan Rencana Kerja Tahun 2022 di daerah.

Salah satu keputusan rapat menyebutkan bahwa Komite II DPD RI bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melanjutkan pendalaman pelaksanaan program kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021 melalui Tim Teknis DPD RI yang telah dibentuk. [Muhammad Qolbi]