Rozi Antoni

PedomanBengkulu.com, Lebong – Momentum Hari Bhakti Adyaksa (HBA) ke 61 tahun, masyarakat Kabupaten Lebong memberikan dukungan penuh dan memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, untuk bekerja lebih profesional sesuai dengan tema Hari Kejaksaan yang diangkat tahun ini “Berkarya untuk Bangsa”. Tentunya, selain diharapkan menuntaskan sejumlah permasalahan hukum yang saat ini masih ditangani, Kejari Lebong juga diharapkan dapat merespon setiap laporan yang disampaikan baik itu masyarakat, maupun laporan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM). Salah satunya seperti laporan pembangunan Jalan Sebelat Ulu dengan total anggaran Rp.4,5 Milyar TA 2020, yang dilaporkan LSM Gerindo ke Kejari Lebong.

Seperti disampaikan Tokoh masyarakat Kabupaten Lebong, Rozi Antoni alias Toni Botol (TB) kepada PedomanBengkulu.com Jum’at (23/07/2021) siang. Dirinya angkat bicara, setelah mengamati perkembangan informasi dari sejumlah pemberitaan media, bahwa laporan LSM Gerindo tersebut sudah masuk tahap telaah tim Kejari Lebong. Dikatakan Toni Botol, respon atas laporan masyarakat maupun LSM tersebut, secara langsung menunjukan adanya keinginan Kejari Lebong, untuk penegakan supremasi hukum di Kabupaten Lebong.

“Saya mengapresiasi Kejari Lebong mau merespon laporan terkait proyek Jalan Sebelat Ulu. Setidaknya respon dari Kejari Lebong, menunjukkan bahwa institusi Adyaksa tersebut konsisten untuk penegakan supremasi hukum di Kabupaten Lebong,” ungkap Toni Botol yanh juga Ketua LSM Gemuruh Kabupaten Lebong ini.

Ditambahkan Toni Botol, pelaporan proyek jalan Sebelat Ulu oleh LSM Gerindo, memang menjadi perhatian sejumlah masyarakat maupun para aktifis. Karena LSM tersebut, bukan untuk pertama kalinya melaporkan sejumlah kegiatan paket pembangunan, yang ada di Kabupaten Lebong ke Aparat Penegak hukum (APH).

“Masalah ada atau tidaknya perbuatan melawan hukum, itu bisa diketahui kalau sudah diproses. Ini juga sebagai pembelajaran bagi masyarakat, yang juga ingin melihat konsistensi pelapor jangan sampai masuk angin. Jangan sampai sudah melapor kemudian hilang begitu saja,” tegasnya.

Terakhir, lanjutnya, dikarenakan masih momentum Hari Bhakti Adyaksa, dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Kejari Lebong, semoga bisa terus berkarya untuk bangsa, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Lebong.

“Selamat Hari Bhakti Adyaksa ke 61 tahun, semoga Kejari Lebong menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan, maupun penegakan supremasi hukum di Kabupaten Lebong,” tutupnya.[Supriyadi]