PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke 61 Rejang Lebong, Kejaksaan Negeri Rejang Lebong melakukan pemusanahan berbagai macam barang bukti dari perkara tindak pidana yang telah memiliki kekuatan hukum final ( Inchrak). Barang bukti yang dimusnakan dengan cara dibakar tersebut yakni sebanyak 23,9 Kg Ganja, 172,57 gram narkotika jenis sabu, 5,56 gram narkotika jenis pil, 2 pucuk senjata api rakitan dan 5 bilah senjata tajam.

Disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Yadi Rachmat SH, pemusnahan barang bukti tersebut sebagai bentuk transfaransi informasi publik serta menjalin sinergi antar instansi pemerintah dan masyrakat

“Barang bukti yang kita musnahkan ini berasal dari 30 kasus tindak pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Seluruh barang bukti ini merupakan perkara pidana yang kita tangani dari awal tahun 2021,” kata Kajari, Kamis (22/7/2021).

Kajari juga menyampaikan pemusanahan barang bukti ini juga sebagai salah satu upaya terjadinya penyalahggunaan oleh pegawai.

” Kebanyakan barang bukti yang kita musanahkan ini merupakan tindak pidana narkotika. Barang bukti narkotika ini rawan sekali disalahgunakan makanya kita musnahkan,” lanjut Kajari.

Pemusanahan barang bukti yang dilaksanakan di halaman kantor kajari RL ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Rejang Lebong,Kapolres Rejang Lebong, Ketua Pengadilan Negeri Curup, Kepala Lebaga pemasyarakatan kelas II A Curup serta jajaran Kajari. [Julkifli Sembiring]