Kegiatan reses DPRD Lebong Dapil I

PedomanBengkulu.com, Lebong – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong sudah selesai melaksanakan reses masa sidang kedua tahun 2021. Dalam kegiatan reses, para anggota DPRD Lebong mendapatkan kesempatan dalam langkah penyerapan aspirasi dari warga masyarakat, atau konstituennya yang diwakilinya.

Apalagi reses adalah salah satu kegiatan masa sidang DPRD, yang dilaksanakan di luar gedung. Setidaknya dari semua aspirasi masyarakat yang dihimpun akan diinput dalam laporan reses, sebagai bahan pertimbangan anggota dewan dalam penyusunan pokok pikiran (Pokir). Dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19, seluruh kegiatan reses tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat. Guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil, sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan,” ungkap Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen yang memimpin kegiatan Reses di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 dilaksanakan di Kantor Camat Tubei Sabtu (10/7/2021), yang dihadiri seluruh anggota DPRD Lebong yang berasal dari Dapil 1, yang mewakili Kecamatan Lebong Atas, Tubei, Lebong Utara, Amen dan Uram Jaya. Meliputi Carles Ronsen, Dedi Hariyanto, Popi Ansa, Azman Maidolan, Anita Andriani, Yeni Hardiyanti, Pipit Hariyanto, Wa’az Karim, Sriwijaya, Ahmad Lutfi dan M.Gunadi Mursalin.

Kegiatan reses DPRD Lebong Dapil II

Sementara untuk kegiatan Reses DPRD Lebong Dapil II, yang mewakili konstituen Kecamatan Lebong Tengah, Lebong Sakti dan Bingin Kuning. Dilaksanakan pada Minggu (11/7/2021) di Kantor Camat Lebong Tengah. Dalam reses Dapil II, Pip Haryono didapuk menjadi juru bicara dan dihadiri anggota DPRD Lebong yang berasal dari Dapil II lainnya, meliputi Ronal Reagen, Mahdi, Ferdinan Markos, Rodi Hartono, Rinto Cahyo Putranto dan Rama Chandra.

“Reses merupakan kesempatan bagi kami untuk menyerap aspirasi masyarakat, untuk didata dan diolah menjadi Pokir dewan berdasarkan kebutuhan prioritas,” sampai Pip Haryono.

Selanjutnya untuk kegiatannya Reses DPRD Dapil III, yang digelar Senin (12/7/2021) bertempat di halaman Kantor Camat Lebong Selatan. Dihadiri oleh 6 anggota DPRD Dapil III yang mewakili konstituen Kecamatan Lebong Selatan, Rimbo Pengadang dan Topos. Meliputi Wilyan Bachtiar, Royana, Aswar, Ansyori, Filter Saputra dan Alpi Haryono.

Sebagai Ketua rombongan DPRD Lebong untuk reses Dapil III, Wilyan Bachtiar menyebutkan, pihaknya turun untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kegiatan Reses merupakan suatu tahapan kerja mereka sebagai anggota DPRD Lebong.

Kegiatan reses DPRD Lebong Dapil III

“Reses merupakan hal yang wajib dilakukan, karena pemilihan DPRD dari masyarakat dan oleh masyarakat. Kami yang terpilih sekarang kembali lagi ke masyarakat, mendengarkan dan menampung aspirasi masyarakat secara langsung. Akan berusaha maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat,” sampai Wilyan Bachtiar.

Plt Sekretaris DPRD Lebong Indra Gunawan mengatakan, semua hasil reses anggota DPRD Lebong dari ketiga Dapil, semuanya akan disusun dan disampaikan laporan hasil kegiatan reses dalam paripurna DPRD Lebong.

“Hasil reses dewan di tiga Dapil masih disusun, nanti akan di tindaklanjuti dalam paripurna DPRD Lebong penyampaian laporan reses,” singkat Indra.[Supriyadi]