PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Sebanyak 135 orang warga Desa Barumanis Kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong mengalami sakit. Kondisi ini terjadi mulai tanggal 14 Juli 2021 usai salah seorang warga menggelar pesta. Dugaan sementara warga tersebut terpapar Covid 19.

Disampaikan Kepala Desa Barumanis Sofian, pihaknya telah melakukan koordinasi dan pengambilan sampel swab kepada warga dengan Dinas Kesehatan nelalui Puskesmas setempat.

“Kita tidak menuding warga ini sakit karena hajatan pada tanggal 14 kemarin, tapi memang warga kita mulai ada yang sakit sejak kegiatan tersebut. Hari ini pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas sudah kita minta untuk dilakukan swab kepada warga yang mengalami sakit, ada sebanyak 60 orang yang datang ke balai desa dan sebagian warga yang tidak bisa berjalan di datangi kerumah masing masing,” kata Sofian, Rabu (28/7/2021).

Ditambahkan Sofian, pihaknya saat ini tengah kewalahan menghadapi kondisi yang terjadi, bahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan pun tidak mampu lagi karena kekurangan cairan disinfektan.

“Saya hari ini meminta bantuan ke PMI dan Satgas untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Kita di desa tidak mampu lagi karena cairan disinfektan sudah habis,” lanjut Sofian.

Terkait pengobatan terhadap warga yang mengalami sakit, Sofian juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah meminta kepada Dinas Kesehatan.

“Sejauh ini belum ada bantuan obat-obatan, kita minta agar Dinas Kesehatan melalui Puskesmas untuk dapat membantu obat obatan dan memantau perkembangan warga kita yang sakit,” lanjut Sofian.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir menyampaikan, berdasarkan hasil laporan dari Kepala Desa Baru Manis bahwa ada kurang lebih 135 warganya yang mengalami demam dan gejala klinis lainnya yang diduga mengarah kepada gejala klinis covid -19, Dinas Kesehatan RL dan Pukseksmas Bermani Ulu sudah melakukan langkah- langkah tindak lanjut yaitu rapat kordinasi dengan perangkat desa, posko covid desa, babinsa, bhabinkabtibmas, dan lintas sektor guna pengambilan langkah cepat penanganan laporan pada hari Selasa 27 Juli 2021.

“Hari Rabu 28 juli 2021 kita melaksanakan pengambilan swab pcr dan swab antigen oleh Puskesmas Bermani Ulu. Hari kamis 29 Juli 2021 akan dilakukan penyemprotan disinfektan dan Pemberian edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan kita juga menyiapan obat- obatan di Dinas Kesehatan Rejang Lebong,” kata Syamsir. [Julkifli Sembiring]