PedomanBengkulu.com, Mukomuko – Pasca kebakaran hebat menimpa 4 unit rumah milik warga Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.10 WIB tersebut menghanguskan bangunan rumah beserta isinya. Ditaksir total kerugian yang dialami korban mencapai miliaran rupiah. Peristiwa kebakaran terjadi pada Jum’at 16 Juli 2021 lalu.

Salah satu korban yang tertimpa musibah kebakaran yakni M Toha yang tiada lain adalah salah satu Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Mukomuko dan juga Pemilik Media Online Trend Fokus. Bangunan rumah beserta isinya ludes terbakar. Beruntung, kejadian tidak menyebabkan korban jiwa dan hanya menimbulkan kerugian materi saja.

Pemuda Kelurahan Bandaratu, Kecamatan Kota Mukomuko bergerak cepat atas dasar kepedulian dan kebersamaan. Para pemuda mendirikan bangunan rumah yang nantinya diserahkan kepada M Toha. Dana pembangunan bersumber dari bantuan dan juga sumbangan para donatur khususnya dari pemuda. Prosesnya langsung dikomandoi Ijendra Juanda selaku Ketua Pembangunan. Dan Sampai saat ini pembangunan rumah masih berjalan.

Pada Senin 19 Juli 2021, Pengurus SMSI Kabupaten Mukomuko memulai melakukan penggalangan dana. Sasarannya pejabat pemerintahan dan anggota DPRD Kabupaten Mukomuko. Hari pertama terkumpul kurang lebih Rp 7 juta dan langsung diserahkan secara simbolis kepada M Toha. Selanjutnya diserahkan kepada Tim Pelaksana Pembangunan rumah sebagai dana tambahan.

“Kami atas bama Pengurus dan Anggota SMSI Kabupaten Mukomuko menyampaikan rasa duka dan keprihatinan atas musibah yang menimpa keluarga M Toha. Atas dasar kepedulian dan solidaritas, kami melakukan penggalangan dana. Meski tidak banyak, setidaknya dapat membantu dan meringankan keluarga korba,” ungkap Ketua SMSI Kabupaten Mukomuko, Yadi Hermawanto.

Yadi juga menghaturkan banyak terima kasih kepada seluruh donatur yang sudah menyisihkan rezekinya demi membantu para korban.

“Kepada para donatur, kami ucapkan banya terima kasih. Dana yang sudah terkumpul sementara langsung diserahkan kepada keluarga korban. Kemudian diserahkan kepada tim pelaksana pembangunan rumah. Proses penggalangan dana masih akan Terus berlanjut, kepada semua pihak kami ucapkan Terimakasih sebesar-besarnya atas partisipasinya,” pungkas yadi didampingi Sekretaris SMSI kabupaten Mukomuko, Wery trikusuma. [Angga]