PedomanBengkulu.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Aceh Touring Harmoni ke Provinsi Bengkulu, di Kantor Kespangpol Provinsi Bengkulu, Selasa (3/8/2021).

Kedatangan Ketua FKPT Aceh Ahmad Kamaruzzaman Bustamam ke Bengkulu disambut Ketua FKPT Provinsi Bengkulu Brigjen Pol (Purn) Dr. Ruslan Riza, MM yang diwakili Sekretaris FKPT Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si dan Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu.

Ketua FKPT Aceh Ahmad Kamaruzzaman Bustamam berangkat Touring dari Aceh pada 26 Juli 2021 lalu dan telah melintasi Sumatera Barat, ke Bengkulu dan hari ini lanjut ke Lampung yang merupakan hari ke enam perjalanan.

Saat di Bengkulu Ketua FKPT Aceh Ahmad Kamaruzzaman mengatakan, tujuan dari Touring tersebut untuk mempromosikan FKPT ke seluruh Indonesia dengan membawa misi Indonesia Harmoni yang merupakan bagian kampanye dari  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sekaligus dalam rangka mengajak semua masyarakat menaikkan kearifan lokal.

“Yang kita kunjungi tadi sebagai daya tangkal dalam pencegahan radikalisme, terorisme dan intoleran dan Ekstrimisme. Jadi ini sebuah touring yang kami jalani bersama istri dalam rangka mengkampanyekan tiga hal tersebut, disamping membina silaturahmi, menghargai kebinekaan, mengajak masyarakat untuk sadar bahwasannya NKRI harga mati dan masyarakat juga sadar tentang adanya aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama,” kata Ahmad Kamaruzzaman Bustamam.

Ahmad Kamaruzzaman Bustamam, menuturkan, kunjungannya ke Bengkulu merupakan yang pertama kalinya namun langsung jatuh hati dengan Bengkulu karena suasana alamnya, masyarakatnya ramah.

“Yang paling berkesan di Bengkulu yaitu ternyata sejarah bangsa, sebegini besar bangsa, peran Bengkulu tidak bisa diabaikan. Kami tadi diajak ke Rumah Ibu Fatmawati, lanjut ke Rumah pengasingan Bung Karno. Dan saya baru menyadari jasa Bengkulu sangat luar biasa bagi NKRI,” ungkap Ahmad Kamaruzzaman Bustamam.

Ketua FKPT Provinsi Bengkulu Brigjen Pol (Purn) Dr. Ruslan Riza, MM melalui Sekretaris FKPT Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si mengatakan, FKPT Provinsi Bengkulu beserta jajaran Pemerintah menyambut baik Touring Indonesia Harmoni yang dilaksanakan FKPT Aceh.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, meskipun disituasi pandemi ini, kawan-kawan FKPT Aceh masih menyempatkan diri dan punya semangat yang tinggi untuk melihat potret Indonesia seperti apa. Beliau (Ketua FKPT Aceh) mengaku terkesan dan itu yang kita harapkan. Kita juga berpesan dengan beliau, karena Bengkulu ini provinsi kecil, yang baru berkembang, dan butuh promosi, kita titipkan, karena beliau nanti akan keliling Indonesia, disitulah beliau menceritakan. Beliau juga mengakui Provinsi Bengkulu ini sangat lekat dengan keberadaan Indonesia, karena disini Inggris pernah berkuasa, Belanda pernah berkuasa dan jangan dilupakan juga, tadi beliau ke Rumah Ibu Fatmawati,” kata Khairil Anwar.

Khairil Anwar berharap kegiatan ini nantinya berdampak positif baik untuk Indonesia pada umumnya dan untuk Bengkulu khususnya. Khairil Anwar juga menuturkan peran Aceh dalam perjuangan kemerdekaan tak dapat dipungkiri. Kegiatan ini patut mendapat apresiasi. (Bay)