Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Peringati Hari Krida Pertanian 2023, Ini Impian Hajah Leni untuk Bengkulu

Hj Leni Haryati John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Hari Krida Pertanian merupakan momen yang diselenggarakan sebagai apresiasi kepada para pelaku bidang pertanian dan peternak. Momen yang diperingati setiap tanggal 21 Juni ini menjadi peringatan penting untuk memberikan penghargaan atas peran strategis sektor pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan dunia.

Pembina Bundo Kanduang Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief mengatakan, para petani di Bumi Rafflesia telah bekerja dengan maksimal menghadapi berbagai tantangan dan memberikan kontribusi terbaik dalam membantu upaya swasembada beras Indonesia.

"Impian saya untuk petani Bengkulu agar terus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah sehingga seluruh lahan pertanian yang masih sangat luas dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Hj Leni Haryati John Latief, Rabu (21/6/2023).

Lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Bengkulu ini menjelaskan, sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah masih sangat diperlukan guna mendorong terwujudnya pertanian modern yang dapat mengandalkan teknologi dan inovasi berkelanjutan dalam praktik pertanian.

"Komitmen pemerintah daerah dalam mendorong maju sektor pertanian di Bengkulu sudah sangat baik. Tapi tantangan di sektor pertanian terus berkembang mulai dari perubahan iklim, terbatasnya sumber daya manusia dan lain-lain. Saya terpanggil imtil berperan sama-sama memecahkan tantangan ini," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bengkulu periode jabatan 2008-2012 ini mengungkapkan, petani harus hidup sejahtera karena mereka memiliki peran yang begitu vital dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di daerah, nasional hingga global.

"Petani harus mendapatkan posisi yang istimewa dalam kebijakan pemerintah, perannya harus diakui sebagai yang paling depan dalam memproduksi kebutuhan pangan, apalagi di tengah cuaca ekstrem dan berbagai risiko besar dalam menjalankan usaha pertanian mereka," tegas Hj Leni Haryati John Latief.

Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu ini menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Pertanian telah memberikan berbagai macam bantuan untuk Provinsi Bengkulu mulai dari benih padi, hingga pupuk organik cair.

"Bantuan ini perlu untuk dikawal dan dilanjutkan hingga benar-benar mendatangkan kesejahteraan bagi petani Bengkulu, hasil panennya terus meningkat, irigasinya makin efisien, hama-hama bisa dikendalikan, singkatnya masa depan pertanian Bengkulu harus lebih cerah," demikian Hj Leni Haryati John Latief. [Muhammad Qolbi]