Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Penguatan Kader KB dalam Pengelolaan Rumah Data

PedomanBengkulu.com, Lebong -
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Lebong, secara masif bersama Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di 12 Kecamatan, melaksanakan pertemuan kelompok kerja (Pokja) dan penguatan serta orientasi Rumah Data. Kegiatan tersebut selain menjaga agenda tetap, juga merupakan langkah penguatan seluruh Kader KB dalam menyusun dan pengelolaan Rumah Data.

Kepala DP3APPKB Lebong Yuswati SKM MAP menyebutkan, tujuan dari pertemuan Pokja dan Orientasi pengelolaan Rumah Data, untuk menyediakan data dan analisis kependudukan untuk kampung KB dan lintas sektor, dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksanaan program bangga kencana dengan program pembangunan sektor lainnya di kampung KB.

“Dengan adanya rumah data KB ini, bisa lebih mudah mengetahui masyarakat yang sakit, hamil, sehat dan sebagainya agar intervensinya juga lebih tepat. Apalagi data ini dikelola oleh pokja kampung KB berbasis desa, tentunya akan terus didapatkan data terbaru," ungkap Yuswati kepada PedomanBengkulu.com Jum'at (25/08/2023) siang.

Rumah data kependudukan, lanjutnya, sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat desa, tentunya menjadi krusial peranannya untuk memenuhi kebutuhan akan data dan informasi keluarga dalam pembangunan di kampung KB. 

"Disinilah peran kader KB sangat diperlukan dalam penginputan dan pengelolaan Rumah Data, tentunya dengan pendampingan PLKB secara bersama-sama DPA3PPKB akan terus berusaha meningkatkan kapasitas seluruh kader KB, melalui pertemuan dan pelatihan secara berkelanjutan," bebernya.

Ditambahkan Yuswati, peningkatan kapasitas Kader KB dan Pokja Kampung KB, menjadi satu kekuatan yang bisa diandalkan, untuk dapat mempertahankan keberhasilan program KB di tengah masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap dapat meningkatkan kualitas kader sehingga dapat diimplementasikan ditengah masyarakat. 

"Dengan kualitas kader yang baik, bisa menjadi ujung tombak untuk mengkampanyekan kepesertaan ber-KB, sehingga cakupan KB meningkat dan masyarakat Lebong semakin bahagia dan sejahtera," singkatnya.[spy]