Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemkab Lebong Salurkan Bantuan Lansia dan Penyandang Disabilitas

PedomanBengkulu.com, Lebong – 
Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebong, Senin (9/10/2023) menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 40 orang Lansia (Lanjut Usia). Kemudian dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan bagi penyandang disabilitas, meliputi kursi roda, alat bantu dengar, tongkat dan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Lebong Drs A Ghozali menyebutkan, bantuan yang disampaikannya itu merupakan bantuan dari Kementerian Sosial melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu. Adapun yang disalurkan berupa bantuan permakanan dengan target para Lansia tunggal dan penyandang disabilitas tunggal. Bantuan permakanan yang dimaksud itu, lanjut Ghozali menjelaskan, terdiri dari nasi/sejenisnya lauk-pauk, sayur, buah potong, dan air mineral yang diberikan sebanyak dua kali dalam sehari dalam satu kali pengantaran.

“Untuk tahap ini target kita ada sekitar 40 orang Lansia,” ungkap Ghozali.
Ditambahkan Ghozali, program ATENSI merupakan program untuk penghormatan, perlindungan dan jaminan sosial kepada para Lansia dan penyandang disabilitas dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Ada 6 kriteria penerima manfaat permakanan, yaitu miskin atau tidak mampu, penyandang disabilitas, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bukan berstatus sebagai pensiunan istri/suami PNS dan atau purnawirawan TNI/Polri, memiliki NIK dan Nomor Kartu Keluarga yang telah dipadankan dengan data Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, diusulkan camat atau kepala distrik atau nama lain sebagai penyandang disabilitas penerima bantuan sosial permakanan.

“Selain bantuan permakanan ada juga bantuan alat bantu untuk disabilitas. Tidak lama lagi ada juga bantuan motor roda 3 untuk 2 orang disabilitas, saat ini masih dalam proses finishing, dalam tahun ini Insya Allah akan kita diserahkan,” terangnya. [spy]