Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Diskominfotik Provinsi Gelar Rapat Evaluasi Pengelolaan Website dan Medsos

PedomanBengkulu.com - Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu lakukan Rapat Evaluasi Pengelolaan Website dan Media Sosial Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu, diskominfotik ingkatkan agar seluruh perangkat Daerah bisa melakukan Pengamanan Website dan Keaktifan Media Sosial, Rabu (13/12/2023).

Rapat yang diikuti oleh tim Website dan Media Sosial OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu dipimpin oleh Yanoar Pribadi, S.E., M.M. (Sub Koordinator Pengelolaan dan Layanan Informatika) selaku penanggungjawab kegiatan.

Dalam sambutannya Yanoar menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keamanan website yang dikelola OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu mengingat akhir-akhir ini banyak sekali website OPD yang mendapat serangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, serta keaktifan dalam mempublikasikan berita dan informasi pembangunan Pemerintah Provinsi Bengkulu di media sosial masing-masing OPD.

“Website yang dikelola OPD di Lingkup Pemprov Bengkulu harus ditingkatkan keamananya mengingat akhir-akhir ini banyak sekali website OPD yang mendapat serangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” ujar Yanoar.

Sementara Ferdy Septianda S.T. selaku tim penanggungjawab keamanan website mengatakan, Sebagaimana dengan Pergub No. 9 Tahun 2022 yang membahas tentang penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Diskominfotik menyediakan fasilitas pusat data yang diperuntukkan untuk menyimpan data yang berbasis elektronik.

“Dengan memanfaatkan fasilitas Pusat Data Nasional yang disediakan oleh Kementerian Kominfo RI, Diskominfotik berusaha memaksimal infrastruktur yang tersertifikasi sesuai dengan standar, salah satunya dengan memindahkan layanan manajemen Hosting yang selama ini ada di server On-Premise ke Pusat Data Nasional. Selain itu beliau juga mengharapkan agar rekan-rekan pengelola website OPD dapat melakukan backup data secara periodik, agar jika terjadi gangguan dari luar maka data dapat kita amankan,” jelas Ferdy.

Sedangkan dari sisi pengelolaan media sosial seperti akun facebook, instagram, twitter dan channel youtube, dalam evaluasi kali ini masing masing OPD sudah terlihat aktif dalam mempublikasikan info pembangunan dan kegiatan yang ada di masing-masing OPD, dengan penyebarluasan informasi secara masif melalui medsos.

Harapannya agar masyarakat mengetahui apa yang telah diperbuat dan akan diperbuat oleh pemerintah.