Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemprov Tuntaskan DBH Sawit 100 Persen

PedomanBengkulu.com - Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) sawit untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu maupun pemerintah kabupaten/kota yang ada di wilayah ini di tahun 2023.

Dari alokasi anggaran yang ada, berdasarkan data Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Bengkulu, hingga per 30 November 2023 untuk serapan anggaran DBH sawit baru dua daerah yang tuntas 100 persen yakni Pemprov Bengkulu dengan alokasi anggaran Rp 21,7 miliar dan Bengkulu Utara sebesar Rp 12,7 miliar. Sementara itu 9 kabupaten lainnya belum terserap.
“Alhamdulillah untuk kita Provinsi Bengkulu semuanya berjalan lancar, di lapangan bagus, dan dengan waktu tinggal 3 minggu lagi tahun anggaran 2023 mudah-mudahan sesuai dengan kontrak semuanya terselesaikan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, S.Sos, M.Kes.

Untuk daerah yang belum memanfaatkan DBH sawit ini, Isnan menyebut akan dilakukan sesuai aturan yang berlaku yakni sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 91 Tahun 2023 tentang pengelolaan DBH Perkebunan Sawit. Termasuk proses pencairan anggaran juga akan tetap dilakukan pada akhir Desember 2023 mendatang.

“Ini kan tahun pertama untuk DBH sawit dan dialokasikan di perubahan. Semuanya sudah dialokasikan termasuk proporsi penggunaannya. Kami sudah koordinasikan dengan seluruh kabupaten kota permasalahan dan hambatan apa, kemudian sejauh mana perjalanannya pemanfaatan DBH sawit ini. Ini dilaporkan oleh gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat didaerah,” tutur Isnan.

Lebih lanjut, untuk daerah yang belum merealisasikan DBH sawit Isnan menyebut banyak faktor yang mempengaruhinya seperti adanya celah fiskal dan APBD yang tinggi sehingga pemerintah daerah memilih untuk menjadikan SILPA (Sisa Lebih Perhitungan) dan dimanfaatkan di tahun anggaran berikutnya.(Rls)