Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sultan Tagih Janji Pemerintah Pusat Terkait Progres Pembangunan Jalan Tol Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Terhentinya tahapan pembangunan Tol Bengkulu – lubuk Linggau – muara enim saat ini membuat masyarakat Bengkulu kecewa karena sedianya tol yang menghubungkan provinsi bengkulu dengan Sumatera selatan ini disebut-sebut bakal selesai pada tahun 2024. 

Keprihatinan ini ditangkap sebagai salah satu  aspirasi prioritas bagi wakil ketua DPD Ri Sultan B Najamudin dan memastikan akan terus menagih janji pemerintah pusat terkait realisasi pembangunan  ruas tol  lanjutan. 

“Sedari awal saya sudah sampaikan bahwa tentang ini saya sebagai pimpinan DPD terkhusus dapil Bengkulu sudah menyampaikan tentang ini berkali kali kepada pemerintah pusat agar ini teralisasi sesuai rencana awal “ Terang Sultan ketika dihubungi jum’at (29/12) di Jakarta. 

Menurut Sultan dirinya beserta anggota DPD dan DPR RI dari Bengkulu terus menagih janji dari pihak pemerintah pusat tentang kejelasan teknis kapan pembangunan  tahap selanjutnya sehingga dapat secepatnya tersmbung ke ruas Tol trans sumatera di Sumatera Selatan.

“Inikan awalnya masuk dalam PSN (program strategis nasional .red) tiba-tiba terhenti jadi kita bakal terus tagih gimana caranya agar secepatnya jalan dan ini saya secara langsung sudah sampaikan ke pak menteri PUPR ” terang politisi yang digadang-gadang menjadi calon kuat kandidat ketua DPD RI periode 2024-2029. 

Mengenai isu beredar di kalangan masyarakat tentang penilaian Tol Bengkulu – Taba Penanjung menjadi tol tersepi di Indonesia, menurutnya  hal yang  cukup wajar kerena koneksi yang terbatas sehingga masyarakat masih enggan memanfaatkannya. “ Fungsnyai belum maksimal kalo Cuma segitu , nanti kalo sudah terkoneksi ke lubuk Linggau pasti bakal rame” ujar mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini. 

Sultan menambahkan Tol Bengkulu –Lubuk  Linggau ini menjadi hal yang sangat dinanti oleh masyarakat Bengkulu karena menjadi lambang kebangkitan supremasi pembangunan ekonomi lokal dengan semakin lancar dan mudahnya akses keluar masuk manusia dan barang keluar masuk Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya saat meresmikan Tol Bengkulu –Taba Penanjung Presiden Jokowi telah menjanjikan kelanjutan program ini. Secepatnya . 

"Ini adalah jalan tol pertama yang ada di Bengkulu. Kita harapkan nanti ini sambung sampai ke Lubuk Linggau sepanjang 95 km. Kalau ini kan baru 16,7 km," papar Presiden Jokowi. 

Presiden mengatakan, sumber dana pembangunan lanjutan ke Lubuk Linggau itu tetap akan bersumber dari APBN. Sebab, jika menunggu kesanggupan daerah, maka jalan tol ini belum tentu ada. Hanya saja, Presiden tidak menyebut secara terang kapan pembangunan tahap kedua itu direalisasikan. "Kita persiapkan. Insya Allah," ucapnya.
 
Saat ini tol Bengkulu- Lubuklinggau baru terealisasikan 1 seksi. Yakni jalan tol Bengkulu - Taba Pananjung, dengan panjang 17,6 Km.
Tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri dari delapan ruas diantaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km). Kemudian Ruas Sp. Indralaya – Muara Enim (119 Km), Ruas Padang - Sicincin (36 Km), Ruas Pekanbaru – Pangkalan (65 km), Ruas Lubuk Linggau - Curup Bengkulu seksi Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 Km) dan Ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan (58 Km)